Presiden Jokowi Jajal Mobnas Malaysia Disupiri PM Mahatir

Presiden Jokowi Jajal Mobnas Malaysia Disupiri PM Mahatir | Istimewa

Beritacas.com - Dalam kunjungannya ke Malaysia, presiden Joko Widodo terlihat berkesempatan melihat-lihat mobil nasional Malaysia Proton. Didampingi Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad, Jokowi tak sekadar melihat-lihat. Tak lama berselang Jokowi masuk ke dalam mobil sedan berwarna merah itu.

Yang cukup istimewa, Jokowi disetiri langsung oleh Mahathir saat keluar gedung dengan mendapat pengawalan dan juga iring-iringan dari pihak kepolisian setempat.

Tampak dalam sebuah cuplikan video yang diterima detikcom, jika melihat bentuknya dan juga desain eksteriornya mobil yang ditumpangi Jokowi itu merupakan Proton Persona. Persona merupakan sebuah sedan bermesin 1.600cc.

Proton sendiri sebenarnya tak lagi milik pemerintah Malaysia sepenuhnya. Pada pertengahan tahun 2017, 49,9 persen saham Proton telah dijual ke perusahaan otomotif China Geely.

Mahathir pun mengaku sedih harus kehilangan mobil yang menjadi ikon penting bagi Malaysia. Mahathir juga diketahui sebagai salah satu penggagas hingga akhir Proton bisa menjadi mobil nasional Malaysia. Proton merupakan hasil buah pikiran Mahathir.

Proton memang beberapa tahun terakhir tidak terlalu cemerlang dari sisi penjualannya terutama di negaranya sendiri. Padahal tahun 1993, Proton sempat mendominasi pangsa pasar penjualan mobil di Malaysia sebesar 74 persen tahun 1993.

Namun terus menurun hanya tinggal 15 persen saja terkait dengan isu kualitas mobil dan layanan purna jual yang buruk di tengah ketatnya kompetisi produsen mobil luar negeri. Namun kini di tangan Geely, Proton tengah berusaha bangkit kembali. [Detikcom]

G+

APA KOMENTAR ANDA?
BERITA MENARIK
loading...
BERITA TERBARU
    Loading...