Nasehat Djarot ke Anies: Tangani Sampah Tanpa Keluh Kesah

Djarot Saiful Hidayat | Via Detikcom

Beritacas.com - Mantan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tak berkeluh kesah soal pengelolaan sampah. Djarot juga meminta agar dokumen soal pengelolaan sampah pada era sebelum Anies dibuka.

Menurut Djarot, sejak era dirinya menjabat sudah ada program untuk pengelolaan sampah di DKI Jakarta. Namun, eksekusi program itu memang belum berjalan.

"Coba ya nanti dibuka dokumennya untuk kita membangun ITF di Sunter zaman Pak Ahok, zaman saya, sudah ditetapkan di sana. Tapi eksekusinya masih belum. Udah kita tetapkan, udah kita dorong betul untuk mengelola sampah," kata Djarot di kantor DPP PDI Perjuangan, Jalan Diponegoro, Menteng Jakarta Pusat, Sabtu (3/8/2019).

Salah satu yang sudah ada sejak zaman dirinya menjabat adalah rencana pembuatan ITF (Intermediate Treatment Facility) Sunter. Menurutnya, percepatan proses pengolahan sampah menjadi energi juga sudah dimulai saat Joko Widodo (Jokowi) menjadi Gubernur DKI Jakarta.

"ITF Sunter itu program lama dan juga dari Pak Jokowi waktu itu untuk mempercepat proses untuk membangun waste to energy, sampah diolah menjadi energi listrik. Sejak Pak Ahok sama saya ITF Sunter ya, tapi eksekusinya masih belum. Harusnya sih cepat," ujarnya.

Oleh sebab itu, Djarot berharap persoalan sampah di Jakarta dilihat sebagai tantangan ke depan. Dia berharap jika ada kekurangan di masa lalu maka harus diperbaiki tanpa berkeluh kesah.

"Kita marilah tantangan ke depan kita selesaikan. Kalau di masa lalu memang ada kekurangan, ya, tugas kita. Tanpa berkeluh kesah," tuturnya.

Persoalan sampah di DKI Jakarta ini awalnya mendapat kritik dari Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Bestari Barus saat datang ke Surabaya. Saat itu Bestari yang datang bersama Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapem Perda) DPRD dan Pemda DKI Jakarta datang ke Kota Pahlawan untuk studi banding soal pengelolaan sampah.

Bestari menyampaikan tempat pembuangan sampah di Bantargebang Kota Bekasi akan overload pada 2021. Sementara Pemprov DKI baru berencana membangun TPA pada tahun 2020.

Sumber: Detikcom

G+

APA KOMENTAR ANDA?
BERITA MENARIK
loading...
BERITA TERBARU
    Loading...