Gerindra Sebut Prabowo Jadi Mediator FPI dengan Presiden Jokowi

Gerindra Sebut Prabowo Jadi Mediator FPI dengan Presiden Jokowi | Setkab

Beritacas.com - Partai Gerindra menyatakan ketua umumnya, Prabowo Subianto, bersedia 'mengakurkan' alias menjadi mediator antara FPI dan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bila Jokowi melarang FPI. Jokowi sendiri telah memberi sinyal FPI bisa dilarang bila tak sejalan dengan Pancasila.

Hal ini dinyatakan oleh Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri DPP Partai Gerindra Irawan Ronodipuro kepada South China Morning Post (SCMP) dan dibenarkan oleh Irawan saat dimintai konfirmasi detikcom, Sabtu (3/8/2019).

"Prabowo akan berperan sebagai mediator bila izin FPI dicabut," kata Irawan.

Prabowo berpandangan, selama menghormati Pancasila, FPI tidak perlu dikucilkan. Mantan rival Jokowi di Pilpres 2019 itu dinyatakannya merupakan sosok yang berkomitmen terhadap demokrasi.

"Prabowo percaya terhadap nilai dasar demokrasi yang menjamin hak untuk berkumpul. Dan bila FPI dilarang, maka ini akan menjadi preseden buruk dan berpotensi membuka pelarangan-pelarangan terhadap organisasi sipil lainnya," kata Irawan.

FPI bentukan Habib Rizieq Syihab itu masih mengurus perpanjangan izin ke pemerintah karena ada syarat yang belum dipenuhi. Jokowi mengatakan FPI bisa saja dilarang jika tidak sejalan dengan ideologi bangsa.

Sumber: Detikcom

G+

APA KOMENTAR ANDA?
BERITA MENARIK
loading...
BERITA TERBARU
    Loading...