Cuman Megawati Yang Bisa Minta Banyak Menteri ke Presdien Jokowi

Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri | Istimewa

Beritacas.com - Gaya komunikasi Ketum PDIP Megawati Soekatnoputri yang secara terang-terangan meminta jatah menteri terbanyak ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) menuai pujian. Permintaan Megawati ke Jokowi itu dinilai tak bisa dilakukan oleh para ketum partai lain.

Megawati menyampaikan permintaan terbuka terkait kursi kabinet Jokowi di forum Kongres V PDIP, Kamis (8/8/2019). PDIP ditegaskan Megawati harus menjadi partai dengan jumlah menteri terbanyak di kabinet.

"Ini di dalam kongres partai, Bapak Presiden, saya meminta dengan hormat bahwa PDIP akan masuk dalam kabinet dengan jumlah menteri harus terbanyak," kata Mega.

Mega lantas 'mensimulasikan' kemungkinan apabila cuma ditawari menteri yang jumlahnya sedikit. Mega emoh jika PDIP hanya diberi empat pos menteri.

"Jangan nanti, 'Ibu Mega, saya kira karena PDIP sudah banyak kemenangan sudah ada di DPR, nanti saya kasih cuma empat'. Wee... emoh. Tidak mau. Tidak mau. Tidak mau. Orang yang nggak dapet aja minta," kata Megawati yang diikuti oleh seruan hadirin tanda menyetujui.

Jokowi langsung menjawab permintaan Mega. Jokowi, yang juga kader PDIP, menjamin partainya akan mendapatkan porsi terbesar di kabinet.

"Mengenai menteri, tadi Bu Mega kan menyampaikan jangan empat dong. Kalau yang lain dua tapi PDIP empat, kan sudah dua kali (lipat)," tutur Jokowi.

Politikus PDIP Andreas Hugo Pareira lantas memuji gaya komunikasi Megawati tersebut. Permintaan yang disampaikan Mega ke Jokowi menurut Andreas tak bisa dilakukan ketum partai lain.

"Saya kira komunikasi tadi malam itu bagus sekali, dan hanya Ibu Mega yang bisa berkomunikasi seperti itu dengan Jokowi sebagai presiden maupun sebagai kader partai. Ketum yang lain tidak akan bisa melakukan seperti itu," kata Andreas.

Menurut Andreas, utusan Kongres V PDIP dari daerah juga merekomendasikan nama-nama menteri. Namun Andreas kembali menyerahkan sepenuhnya penentuan posisi menteri itu ke Jokowi.

"Ya itu berapa yang dimaksudkan yang terbanyak itu wilayahnya presiden lah," ujarnya.

Sementara itu, politikus PDIP Puan Maharani menyebut Megawati sudah mengantongi nama-nama kandidat menteri. PDIP disebut Puan sudah menyiapkan lebih dari 10 kader.

"Ya nama-nama sudah ada dong, partai sebesar ini masa nggak punya nama," kata politikus PDIP Puan Maharani di sela Kongres V PDIP, Sanur, Bali, Jumat (9/8/2019).

"Ya lebih dari 10 lah. Kan kemarin presiden bilang bahwa Insyallah PDIP akan mendapatkan posisi lebih banyak karena memang suaranya lebih banyak dan merupakan partai pemenang pemilu," sambungnya. [Detikcom]

G+

APA KOMENTAR ANDA?
BERITA MENARIK
loading...
BERITA TERBARU
    Loading...