Risma Akan Ajari Warga Eks Lokalisasi Budidaya Anggrek

Risma Akan Ajari Warga Eks Lokalisasi Budidaya Anggrek | Istimewa

Beritacas.com - Pemkot Surabaya menggandeng warga eks lokalisasi Sememi untuk dibina mengelola kebun laboratorium budidaya anggrek dan pengolahan jamur. Langkah ini agar perekonomian masyarakat bisa mandiri.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan pembangunan kebun anggrek atau green House sudah memasuki tahap akhir. Rencananya kebun ini akan dibuka dan diresmikan bulan depan.

"Nanti warga di rumah-rumahnya itu bisa menjual anggrek, bisa menjual krispi jamur, nanti kita ajarkan itu, supaya mereka mendapatkan akses ekonomi," kata Risma saat meninjau Kebun Anggrek Sememi, Sabtu, (27/07/2019).

Setelah diresmikan nanti, setiap warga akan diberikan bantuan bibit tanaman. Sehingga warga sekitar bisa mandiri dalam membudidaya tanaman anggrek di rumah masing-masing.

"Jadi kami hanya membuat kebunnya (budidaya), kemudian warga yang menjual anggreknya, sambil nanti mereka kita latih supaya ke depannya mereka bisa sendiri," imbuhnya.

Risma menyebut telah ada sejumlah spesies anggrek tempat budidaya itu. Misalnya anggrek bulan (palaenopsis), vanda, dan dendobrium.

Selain kebun anggrek, Risma menambahkan di tempat ini juga dibangun laboratorium khusus untuk penelitian anggrek. Di laboratorium ini, Pemkot berencana menciptakan corak baru yang unik, dari hasil persilangan berbagai spesies anggrek.

"Kita juga silang-silangkan itu (anggrek), jadi nanti supaya jenisnya bisa kaya lagi," lanjut wali kota dua periode ini.

Saat ditanya progres selanjutnya, Risma menambahkan pihaknya sedang menyiapkan lahan seluas 1,5 hektar untuk perluasan kebun wisata anggrek. Lokasinya juga berdekatan dengan tempat budidaya anggrek atau Green House.

Risma juga bercerita, dipilihnya anggrek ini bukan tanpa sebab. Sebelumnya pihaknya telah melakukan uji coba penanaman di tengah kota, dan hasilnya tumbuh dengan baik.

Selain karena indikator udara Surabaya yang bagus, teknik penanaman anggrek menjadi salah satu strategi Risma agar tanaman itu bisa tumbuh dengan cepat.

"Karena setelah saya mencoba di tengah kota kemudian balai kota, ternyata itu bisa tumbuh baik di Surabaya," ungkapnya.

Risma berharap wisata kebun anggrek ini bisa menarik wisatawan untuk datang. Risma optimis pembangunan wisata anggrek akan berdampak dalam meningkatnya ekonomi warga sekitar.

Sumber: Detikcom

G+

APA KOMENTAR ANDA?
BERITA MENARIK
loading...
BERITA TERBARU
    Loading...