Gibran dan Kaesang Masuk Radar PKS Untuk Calon Walikota Solo 2020

Dua putra Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep | Istimewa

Beritacas.com - Dua putra Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep masuk bursa calon wali kota Solo. PKS bicara kemungkinan apakah pihaknya berminat mengusung putra Jokowi ke Pilwalkot Solo 2020.

"Gibran dan Kaesang masuk radar PKS," kata Sekretaris Bidang Politik Hukum dan Keamanan DPP PKS, Suhud Alynudin, kepada wartawan, Sabtu (27/7/2019).

Suhud mengenang masa-masa Jokowi pada perhelatan Pilkada Solo 2010 silam. Saat itu, PKS ikut mengusung Jokowi-FX Hadi Rudiyatmo. Saat itu, Jokowi-Hadi menang dengan raihan 90 persen suara. Dia mengalahkan pasangan Eddy S Wirabhumi-Supradi Kertamenawi yang diusung Partai Demokrat dan Partai Golkar. Bisa saja hubungan baik PKS dengan 'pihak' Jokowi itu terulang di 2020, bisa juga tidak.

"Kita lihat nanti. Karena dulu saat di Solo, PKS pernah mengusung Pak Jokowi," kata Suhud.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta merilis hasil survei calon Wali Kota Solo periode 2020-2025. Gibran dan Kaesang dimasukkan ke bursa. Jokowi sendiri merasa senang anaknya masuk bursa. PKS masih terus memantau radar politiknya dengan cermat, apakah Gibran, Kaesang, atau nama yang lain yang akan diusung di Solo tahun depan.

"Tergantung visi, misi, dan idealisme-nya, sama tidak dengan PKS," kata Suhud.

Mardani Prediksi Gibran-Kaesang Emoh Maju Pilwalkot Solo
Meski PKS menyatakan Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep masuk radar calon wali kota mereka, namun kedua putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu diprediksi emoh maju di Pilwalkot Solo 2022. Ini disampaikan Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera.

Mardani berpandangan lebih baik partainya mengusung kader parpol yang sudah teruji. Sedangkan Gibran dan Kaesang hingga saat ini belum dikenal sebagai tokoh parpol.

"Anak muda bagus dimajukan. Tapi baik juga dahulukan mereka yang sudah berkecimpung dengan partai atau sukses membangun institusi. Plus berbasis merit system," kata Mardani kepada wartawan, Sabtu (27/7/2019).

Berbicara soal Pilkada, PKS sudah punya tradisi untuk mengusung nama yang diusulkan pengurus cabang daerah. Mardani percaya DPD PKS Solo mencermati dinamika yang ada.

"Karena di Solo kita di DPP biasanya nunggu usulan dari DPD Kota Solo, mereka yang berhak mengusulkan," kata Mardani

Terakhir, Mardani tak percaya Gibran atau Kaesang akan berminat terjun ke politik. Dia justri memprediksi Gibran dan Kaesang emoh berpolitik.

"Anak Jokowi-nya juga nggak minat maju," kata Mardani sambil tersenyum.

Sumber: Detikcom

G+

APA KOMENTAR ANDA?
BERITA MENARIK
loading...
BERITA TERBARU
    Loading...