Untuk Demokrasi, Sebaiknya Semua Koalisi BPN Jadi Oposisi

Tolak Koaslisi BPN Bergabung ke Koalisi Jokowi | Istimewa

Beritacas.com - Ada usul agar Partai Gerindra tetap menjadi oposisi pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) nanti. Ketua DPP PSI Tsamara Amany berharap seluruh partai pendukung Prabowo-Sandi di Pilpres 2019 tetap jadi oposisi.

"Soal apakah Pak Jokowi akan menambah jumlah partai koalisinya selain partai yang sekarang tergabung di TKN, kami serahkan pada Pak Jokowi. Kami percaya Pak Jokowi tahu yang terbaik," kata Tsamara saat dihubungi, Jumat (28/6/2019).

"Tapi dalam negara demokrasi kita juga perlu oposisi. Baik juga kalau semua partai BPN jadi oposisi," imbuh dia.

Partai yang tergabung dalam koalisi Prabowo-Sandi ialah Gerindra, PAN, PKS, Demokrat dan Berkarya. Jikapun kelima partai tersebut menjadi oposisi, Tsamara mengharapkan kualitas yang mumpuni dalam berdemokrasi.

"Tapi juga perlu ditekankan bahwa harus menjadi oposisi yang berkualitas dan bisa ikut mencerdaskan publik. Intinya keputusan ada di Pak Jokowi," ucap Tsamara.

Saran agar Gerindra terus beroposisi disampaikan pengamat politik Arif Susanto dalam diskusi di kantor Formappi, Jakarta Timur, Jumat (28/6). Gerindra disarankan tak merapat ke koalisi Jokowi untuk mengawasi roda pemerintahan.

"Oposisi ini menjadi kebutuhan yang tidak terelakkan dalam demokrasi, oposisi itu emas keharusan, tapi kita butuh oposisi yang sama kuatnya" kata Arif Susanto.

Sumber: Detikcom

G+

APA KOMENTAR ANDA?
BERITA MENARIK
loading...
BERITA TERBARU
    Loading...