Presiden Jokowi Harap Idul Fitri Pererat Persatuan Bangsa Indonesia

Presiden Jokowi Harap Idul Fitri Pererat Persatuan Bangsa Indonesia | Istimewa


Beritacas.com - Presiden Joko Widodo berharap perayaan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriah menjadi momen yang mampu mempererat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, baik di dalam keluarga hingga antar masyarakat.

Hal tersebut dikatakan Jokowi melalui Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudi dalam keterangan pers.

"Mari kita jadikan Idul Fitri ini sebagai ajang untuk mempererat kembali persatuan dan persaudaraan kita sebagai sebuah bangsa," ujar Jokowi, Senin (3/6).

Bagi mantan gubernur DKI Jakarta itu, Idul Fitri bisa menjadi sebuah permulaan baru bagi kehidupan masyarakat guna menjadi bangsa yang lebih baik ke depan. Tak hanya itu, Idul Fitri, katanya, juga menjadi momentum pembangunan baru.

"Dengan hati yang fitri mari kita membangun bangsa Indonesia yang lebih baik, lebih maju, dan lebih makmur," katanya.

Mantan wali kota Solo itu juga mendoakan para pemudik yang tengah menuju kampung halaman guna merayakan Idul Fitri bersama keluarga.

Jokowi mendoakan agar para pemudik diberi keselamatan dan kenyamanan dalam menempuh perjalanan mudik.

"Saya mengucapkan selamat jalan bagi seluruh pemudik. Semoga selamat sampai tujuan dan selamat menikmati waktu bersilaturahmi dengan seluruh keluarga dan handai tolan," tuturnya.
Lihat juga: Jokowi dan Menteri Sampaikan Duka Kepergian Ani Yudhoyono
Untuk menetapkan hari lebaran 2019, Kementerian Agama akan menggelar Sidang Isbat atau penentuan jatuhnya Hari Raya Idul Fitri pada sore ini sebelum salat magrib.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dijadwalkan akan memimpin sidang yang diikuti para ulama, tokoh organisasi kemasyarakatan Islam, pakar astronomi, delegasi negara sahabat dan unsur terkait lainnya.

Kegiatan sidang isbat itu diawali paparan secara terbuka mengenai posisi bulan sabit baru (hilal) berdasarkan data astronomi (falak) oleh pakar astronomi.

Kendati belum ada kepastian Hari Raya Idul Fitri, namun seluruh instansi pemerintahan dan swasta sudah mulai memberikan cuti bersama dalam rangka perayaan hari raya tersebut. Cuti bersama umumnya dimulai sejak hari ini, Senin (3/6) hingga Jumat (7/6).

Sumber: CNN Indonesia

G+

APA KOMENTAR ANDA?
BERITA MENARIK
loading...
BERITA TERBARU
    Loading...