Ani Yudhoyono, Tokoh Wanita Inspirasi Kartini Indonesia

Foto Alm. Ani Yudhoyono | Istimewa


Beritacas.com - Kepergian Ani Yudhoyono menyisakan duka yang mendalam, tidak hanya bagi keluarga, tetapi juga masyarakat Indonesia. Memori selama hidupnya pun kini menjadi kenangan dan sumber inspirasi.

Menurut artis senior, Niniek L Karim, kalimat ‘kesuksesan seorang laki-laki atau suami dibelakangnya pasti ada perempuan atau istri yang selalu setia mendampingi’, adalah benar adanya. Salah satunya dibuktikan Ani Yudhoyono di balik kesuksesan SBY. “Kita bisa dijadikan panutan conton pasangan pemimpin yang saling melengkapi, menyayangi, menjaga keutuhan keluarga dengan sepenuh hati. Itu sebuah keanggunan,” jelas Niniek L Karim saat dihubungin Beritasatu.com melalui wawacara telepon Minggu (2/6/2019).

Tidak hanya dari sisi kehidupan berkeluarga, selama SBY menjabat 10 tahun menjadi presiden, Ani dikenal sosok perempuan yang aktif. Beliau pernah memegang jabatan wakil ketua umum DPP Partai Demokrat, dan banyak berkegiatan sosial di Persit Kartika Chandra Kirana (persatuan istri tentara), Dharma Pertiwi, dan Dharma Wanita.

Untuk membantu program pemerintah, Ani bersama-sama dengan para istri Menteri Kabinet Indonesia Bersatu membentuk perkumpulan dengan nama Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) untuk membantu masyarakat, khususnya anak-anak dan perempuan yang kurang beruntung dalam rangka memberdayakan mereka melalui program "Indonesia Sejahtera".

Perempuan sarjana ilmu sosial dan politik ini juga dikenal sebagai perempuan inovatif. Banyak program sosial yang dilakukan olehnya. Misalnya, di bidang pendidikan, melalui SIKIB, Ibu Negara keenam Republik Indonesia ini memelopori Program Indonesia Pintar, yakni penyediaan Motor Pintar, Mobil Pintar, dan Kapal Pintar sebagai sarana bergerak untuk menyediakan buku-buku bacaan bagi anak-anak secara gratis.

Ia juga pencetus di balik pendirian rumah pintar, yakni rumah di suatu daerah yang agak jauh dari kota, seperti Rumah Pintar 'akhlaqul karimah' di Kelurahan Cipondoh, yang menyediakan buku bacaan untuk anak-anak secara gratis. Dengan cara itu, anak-anak dapat belajar sambil bermain tanpa harus berjalan jauh dari rumahnya.

Selain Niniek dua artis milenial, Putri Ayudya dan Tina Toon juga memiliki kesan tersendiri terhadap kisah perjalanan hidup Ani Yudhoyono. Bahkan keduanya sepakat, Ibu Edhie Baskoro Yudhoyono dan Agus Harimurti Yudhoyono ini adalah sosok yang menginspirasi.

"Ani Yudhoyono adalah salah satu Ibu Negara yang sangat proaktif dalam karya bagi perempuan. Dalam hal sosial, tentunya kita melihat Ibu secara langsung turun ke lapangan memastikan programnya terlaksana. Dengan berbagai kewajiban yang diambil dengan penuh tanggung jawab, Ibu Ani betul-betul telah menunjukkan kualitas perempuan sebagai pendamping sejajar bagi laki-laki pada berbagai tataran. Saya selalu kagum dengan kemampuan Ibu Ani untuk memperhatikan hal-hal dengan detail," jelas Putri Ayudya.

Putri Ayudya menambahkan, ketulusan, kekuatan, dan kegigihan Ani Yudhoyono dapat menjadi teladan bagi perempuan Indonesia.

Sedangkan mantan penyanyi cilik Tina Toon yang kini tengah terjun di dunia politik juga mengatakan hal serupa. Baginya, Ani Yudhoyono adalah sosok ibu negara yang ideal. Dilihat dari segala perspektif, Ani juga perempuan yang detail dalam memperhatikan segala hal.

"Hal ini dibuktikan aktif dalam kegiatan sosial, dan menjalankan hobi fotografi. Saat melawan kanker Ibu Ani sangat kuat menghadapinya. Hal ini bisa menjadi inspirasi bagi kaum perempuan, bahwa hingga akhir hayatnya, ia masih menjadi panutan dan teladan," jelas Tina Toon.

Sumber: Beritasatu.com

G+

APA KOMENTAR ANDA?
BERITA MENARIK
loading...
BERITA TERBARU
    Loading...