Presiden Jokowi: Pembangunan Sirkuit Mandalika Paling Lambar Januari 2020

Presiden Jokowi: Pembangunan Sirkuit Mandalika Paling Lambar Januari 2020 | Istimewa


Beritacas.com - Presiden Jokowi mengatakan, pembangunan sirkuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat dilakukan Januari 2020.

"Kita harapkan kontruksi paling lambat di Januari 2020. Sehingga 2020 fasilitas yang diinginkan MotoGP siap, sehingga 2021 kita bisa melihat motoGP diselenggarakan di Lombok," ujar Jokowi saat meninjau progres pembangunan KEK Mandalika di Desa Kuta, Kabupaten Lombok Tengah, NTB, Jumat (17/5/2019).

Dalam kunjungannya ke KEK Mandalika itu, Presiden Jokowi ditemani Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menpupera Basuki Hadimuljono, Gubernur NTB H Zulkieflimansyah, dan Dirut PT ITDC Abdulbar M Mansoer.

Untuk mendukung pembangunan sirkuit MotoGP, Presiden Jokowi berharap semua segera bisa dikerjakan. Mulai dari bandara hingga jalan menuju lokasi sirkuit.

"Nanti akan dibangun by pass, gede banget melebihi tol, karena lebarnya 50 meter. Nanti dilihat gambarnya sudah ditunjukkan ke saya," terang Jokowi.

Menurut Jokowi, anggaran pembangunan baik bandara maupun jalan by pass menuju Mandalika sepenuhnya akan ditanggung oleh pemerintah pusat.

"Namun, itu bukan untuk MotoGP saja. Akan tetapi, memang akses yang paling bagus masuk ke Mandalika. Sehingga perkembangan Mandalika bisa menjadi Bali baru," jelas Jokowi.

Presiden Jokowi juga berharap dengan terbangunnya Sirkuit Mandalika menjadi sebuah titik awal pertumbuhan ekonomi baru yang secara agregat bisa memberikan dukungan kepada ekonomi nasional dan NTB.

Gubenur NTB, Zulkieflimansyah mengungkapkan, kunjungan Presiden Jokowi adalah untuk meninjau langsung progres KEK Mandalika.

“Pertama saya ingin mengucapkan terima kasih atas kunjungan Presiden Jokowi ke Mandalika,” ungkap Zulkieflimansyah.

Zulkieflimansyah memaparkan beberapa fasilitas yang harus diselesaikan untuk persiapan menjadi tuan rumah MotoGP2021.

“Fasilitas tersebut di antaranya kamar mandi, bay watch atau bale wisata, serta melihat denah pembangunan jalan by pass yang akan dibangun dari Bandara Internasional Lombok menuju KEK Mandalika,” papar Gubenur Zulkieflimansyah.

Gubernur yang kerap disapa Bang Zul berharap, pembangunan fasilitas pendukung MotoGP 2021 akan memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat NTB.

“Kawasan Mandalika ini sangat indah dan merupakan karunia Allah yang luar biasa, saya berharap kawasan ini tetap terjaga, baik fasilitasnya maupun kelestarian alamnya. Saya juga berharap dengan rampungnya KEK Mandalika dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di Provinsi NTB. Setelah ajang MotoGP nanti, kami berharap makin banyak turis lokal maupun mancanegara yang makin mengenal dan berkunjung NTB,” harapnya.

Sumber:  Beritasatu

G+

APA KOMENTAR ANDA?
BERITA MENARIK
loading...
BERITA TERBARU
    Loading...