Moeldoko: Purnawirawan Beri Penguatan Kepemimpinan Jokowi sebagai Presiden

Sejumlah purnawirawan TNI bertemu Jokowi di Istana Negara | Istimewa


Beritacas.com - Sejumlah purnawirawan TNI bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta. Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko, mengatakan para purnawirawan yang hadir memberikan masukan dan penguatan kepada kepemimpinan Jokowi sebagai Presiden RI.

"Masukannya dari beberapa tokoh senior tadi. Yang pertama ada penguatan kepada kepemimpinan Bapak Presiden, memberikan dukungan penuh agar nanti dalam melanjutkan kepemimpinannya, Presiden akan menghasilkan suatu yang bagus lagi kepada bangsa dan negara. Itu salah satu dari Pak Rais Abin tadi," kata Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (31/5/2019).

Moeldoko mengatakan para purnawirawan yang hadir juga memberikan saran kepada Jokowi untuk menjaga keseimbangan. Para purnawirawan mengatakan perlu ada tindakan yang tepat dalam mengatasi situasi terbaru di Indonesia.

"Di mana para purnawirawan yang juga ada beberapa putra-putrinya yang ada di TNI, sehingga ini memang harus perlu tindakan-tindakan yang lebih tepat. Itu masukan-masukan, dan Presiden menerimanya dengan baik," katanya.

Dalam pertemuan itu, juga disinggung soal adanya beberapa purnawirawan yang ditangkap terkait dugaan makar. Moeldoko mengatakan salah seorang purnawirawan memberikan masukan kepada Jokowi untuk mempertimbangkan faktor psikologis terkait penanganan situasi tersebut.

"Ada masukan dari Pak Kiki, supaya mempertimbangkan faktor psikologi, dan Pak Presiden sangat sensitif dengan hal itu. Tapi sekali lagi, semuanya itu, biarkan proses hukum berjalan dengan baik, nanti akan terlihat dengan jelas," katanya.

"(Psikologi) semua lah. Psikologi purnawirawan, TNI, psikologi Polri, masyarakat," imbuh Moeldoko.

Dia mengatakan pertemuan antara Jokowi dan para purnawirawan tersebut bukan sekadar untuk meluruskan soal penangkapan terhadap beberapa purnawirawan. Namun lebih kepada jembatan komunikasi yang baik antara pemerintah dengan para purnawirawan.

"Ini lebih luas ya. Gimana Presiden mendapat dukungan dari berbagai pihak, yang kedua, para purnawirawan ini adalah senior-senior yang memiliki suara yang sangat kuat di lingkungan TNI maupun purnawirawan, sehingga nanti, lewat para beliau-beliau ini menjadi jembatan yang bisa menjembatani antara pemerintah dan purnawirawan, sehingga nanti semakin ada pemahaman yang semakin baik," jelasnya.

Moeldoko tak ingin ada persepsi yang keliru terkait penangkapan tersebut. "Jangan sampai ada mispersepsi, jangan ada pemahaman-pemahaman yang kurang tepat, sehingga perlu presiden menyampaikan kepada beliau-beliau ini. ini yang udah dilakukan pemerintah," katanya.

Sumber: Detikcom

G+

APA KOMENTAR ANDA?
BERITA MENARIK
loading...
BERITA TERBARU
    Loading...