Jokowi Mau Pindahkan Ibu Kota, Iwan Fals Berikan Saran Ini

Presiden Jokowi dan Iwan Fals | Istimewa


Beritacas.com - Penyanyi legendaris Indonesia Iwan Fals menanggapi wacana pemerintah terkait pemindahan ibu kota ke luar Pulau Jawa. Melalui cuitan di akun Twitter pribadinya, Iwan Fals mengatakan pemerintah dianggap 'keren' jika pemindahan ibu kota negara dilaksanakan tanpa merusak hutan.

"Pindah Ibu Kota tapi gak ngerusak hutan, itu baru kereeennn...," kata dia.

Di cuitan selanjutnya, musisi lawas ini menyarankan kepada pemerintah untuk memilih kota yang bebas dari banjir, gempa dan bencana alam lainnya. Lalu ia juga mendorong pemerintah untuk menata infrastruktur sesuai dengan kebutuhan.

Tak hanya itu, Iwan Fals juga mengusulkan nama 'Ibu Kota' diganti menjadi 'Ibu Baru'.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa pemindahan ibu kota ke luar Pulau Jawa bukanlah sekedar wacana semata. Saat ini, Pulau Kalimantan kerap disebut untuk jadi wilayah yang bakal jadi ibu kota baru.

Jokowi sempat menyebut ada tiga daerah yang jadi kandidat ibu kota pengganti Jakarta. Selain itu, ia tengah melakukan kajian dan pertimbangan yang mendalam terhadap tiga ibu kota tersebut.

Hal yang menjadi perhatian pemerintah saat ini ialah dari sisi daya lingkungan kota, kebencanaan dan pengembangan kota ke depan.

Dari sisi daya lingkungan, Jokowi menekankan ibu kota baru harus memiliki ketersediaan air hingga energi yang cukup. Lalu dari sisi bencana, ibu kota baru nanti diharapkan minim risiko, seperti banjir, gempa bumi, dan lainnya.

Sementara dari sisi pengembangan kota, diharapkan pembangunan ibu kota baru bisa dilakukan dengan cepat karena memiliki infrastruktur dasar dan bantuan dari kota pendukung di sekitarnya.

G+

APA KOMENTAR ANDA?
BERITA MENARIK
loading...
BERITA TERBARU
    Loading...