Abdul Somad Diduga Dukung Prabowo, KASN Kirim Surat ke Rektor UIN

Prabowo Subianto dan Ustadz Abdul Somad | Istimewa


Beritacas.com - Beredar surat dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) soal posisi Ustad Abdul Somad sebagai dosen di Universitas Negeri (UIN), Sultan Syarif Kasim, Riau. Dalam surat itu disoal dugaan dukungan pada capres nomor urut 02, Prabowo Subianto pada Pilpres 2019.

Diketahui, surat tersebut ditujukan kepada Rektor Universitas Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim, Riau. Saat dikonfirmasi mengenai hal tersebut, Komisioner KASN Made Suwandi membenarkan adanya surat tersebut. Namun dia mengatakan surat itu bukan ditujukan kepada Ustad Abdul Somad.

“Iya betul itu dari KASN. Jadi surat itu ditujukan kepada rektor,” ujar Made kepada JawaPos.com, Selasa (19/4).

Made mengatakan, KASN memberikan surat tersebut karena adanya berita tentang Ustad Abdul Somad yang diduga memberikan dukungan kepada Prabowo Subianto. Sehingga KASN perlu mengklarifikasi kepada Rektor UIN Riau selaku atasanya Ustad Abdul Somad.

“Jadi kan dia punya atasan rektor UIN, nah ada berita begini di koran segala macam. Nah, KASN meminta klarifikasi. Nanti baru kita bisa bersikap, katanya.

Namun, sampai saat ini KASN juga belum menerima klarifikasi dari Rektor UIN Riau mengenai dugaan dukungan Ustad Somad yang merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) tersebut.

Belum ada, biasanya kita kasih watu dua Minggu, katanya.

Sementara itu, dihubungi terpisah, Anggota BPN Ahmad Riza Patria mempertanyakan adanya surat tersebut. Pasalnya dalam pertemuan dengan Prabowo Subianto adalah hal yang sifatnya umum saja.

“Apa yang diamapaikan Abdul Somad itu sesuatu yang umum saja. Sesuatu yang biasa, sesuatu yang nomatif tidak ada yang berlebih,” kata Riza pada JawaPos.com.

Riza juga menjelaskan, dalam pertemuan tersebut Ustad Abdul Somad juga tidak mendeklarasikan dukungannya terhadap Prabowo Subianto. Sehingga, ia menganggap surat KASN itu terlalu berlebihan.

“Kan semua sudah mendegar sudah melihat, yang disampaikannya sesuatu yang normatif dan umum. Jadi berlebihan kalau Abdul Somad dipermasalahkan. Janganlah seperti itu, pungkasnya.

Berikut ini adalah surat dari KASN yang ditujukan ke Rektor UIN Riau terkait dukungan Ustad Somad ke pasangan Prabowo Subianto yang tertulis 16 April 2019.

YTH

Rektor Unversitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Riau

Di Pekanbaru, Riau.

Dengan hormat

Sehubungan dengan maraknya rekaman video mellui saluran YouTube dialog antara Calon Presiden (Prabowo Subianto) dengan Pemceramah Usdaz Abdul Somad, pada tanggal 11 April 2019 yang disiaprkan melalui statiun TV One dengan ini kami sampaikan beberapa hal sebagai berikut:

1. Sdr Ustaz Abdul Somad merupakan staf pengajar pada Unversitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Riau yang juga berstatus sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN)

2. Berdasarkan tayangan video pada dialog antar Calon Presiden (Sdr Prabowo Subianto) dengan Sdr Ustaz Abdul Somad tanggal 11 April 2019 tersebut, terdapat substansi atau materi dialog yang bisa ditafsirkan keberpihakan terhadap calon presiden tersebut.

3. Berdasarkan ketentuan Pasal 2 huruf f Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2010 tentang Aparatur Sipil Negara disebutkan, “Penyelenggaran kebijakan dan manajemen ASN antara lain berdasarkan pada asas netralitas”. Dalam penjelasan Undang-Undang tersebut disebutkan “Yang dimasud dengan asas netralitas adaah bahwa setiap pegawai ASN tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh manapun dan tidak memikah pada kepentingan siapapun”.

4. Sesuai dengan ketentuan Pasal 4 huruf d UU Nomor 5 Tahun 2010 tentang Aparatur Sipil Negara disebutkan: “Nilai dasar sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 hurif a meliputi: a. memegang teguh ideologi Pancasila; b. setia dan mempertahankan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia.


Jawapos.com

G+

APA KOMENTAR ANDA?
BERITA MENARIK
loading...
BERITA TERBARU
    Loading...