Surver Indikator: Jokowi Lebih Relegius Daripada Prabowo

Surver Indikator: Jokowi Lebih Relegius Daripada Prabowo | Istimewa


Beritacas.com - 
Lembaga survei Indikator Politik Indonesia dalam hasil survei terbarunya menyebut calon presiden nomor urut 1 Joko Widodo dianggap responden lebih religius daripada capres nomor urut 2 Prabowo Subianto.

Dalam survei ini, soal citra religius atau taat beragama, Prabowo hanya memperoleh 58 persen suara responden, sementara Jokowi menperoleh 76 persen suara responden.

"Banyak orang (responden) yang mengatakan Pak Jokowi dianggap lebih religius dibanding Pak Prabowo," terang Direktur Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi di kantornya, Jakarta, Rabu (26/9).

Sementara itu dari keenam citra personal capres yang ditanyakan kepada responden, Prabowo hanya unggul di citra tegas dan berwibawa. Jokowi memperoleh suara responden sebanyak 76 persen sementara Prabowo mendapat 81 persen suara soal citra tegas dan berwibawa.

Namun, untuk kategori citra diri lainnya seperti perhatian pada rakyat, jujur, mampu mengatasi masalah bangsa, mampu memimpin Indonesia dan religius atau taat beragama Jokowi jauh lebih unggul di atas Prabowo. Rata-rata suara Prabowo terpaut 18 sanpai 30 persen dari Jokowi.

"Secara umum Jokowi memiliki citra personal yang jauh lebih positif ketimbang Prabowo, hanya pada citra tegas atau berwibawa Prabowo sedikit unggul di atas Jokowi," terang Burhanudin.

Sementara itu, dari tingkat popularitas Jokowi juga masih lebih unggul dibandingkan mantan Danjen Kopassus itu. Sebanyak 99 persen pemilih mengaku tahu siapa Jokowi sementara hanya 97 persen responden yang tahu siapa Prabowo.

Kemudian, saat responden ditanya suka atau tidak dengan kedua nama itu, 88 persen responden menjawab suka terhadap Jokowi. Sementara 75 persen responden yang mengaku suka terhadap Prabowo.

"Hampir semua pemilih kenal Jokowi dan juga Prabowo. Jokowi lebih disukai ketimbang Prabowo, dan pemilih yang eksplisit menyatakan tidak suka terhadap Prabowo hampir dua kali lipat," terang Burhanudin.

G+

APA KOMENTAR ANDA?
BERITA MENARIK
loading...
BERITA TERBARU
    Loading...