Pesawat CN235 Made in Indonesia Yang Bikin Presiden Jokowi Bangga

Pesawat CN235 yang bikin bangga Presiden Jokowi | Istimewa


Beritacas.com - Presiden Joko Widodo alias Jokowi memposting sebuah gambar pesawat CN235 yang diproduksi oleh PT. Dirgantara Indonesia. Jokowi sendiri merasa bangga atas pencapaian PT. DI dalam memproduksi pesawat tersebut.

Pasalnya, Pesawat CN235 ini sudah digunakan oleh Angkatan Udara Senegal. Selain Senegal ada negara Thailand dan Korea Selatan.

Berikut ungkapan kebanggaan Presiden Jokowi yang dituliskan di akun Facebook.

Inilah pesawat CN235 produksi PT Dirgantara Indonesia yang digunakan oleh Angkatan Udara Senegal di Afrika. Pesawat lainnya juga telah dikirim ke kepolisian kerajaan Thailand dan penjaga pantai Korea Selatan. Di berbagai negara, CN235 dikenal sebagai pesawat multiguna yang dapat digunakan untuk evakuasi medis, angkut penerjun, kargo, sipil maupun VIP dan VVIP.

Pengiriman pesawat buatan PT Dirgantara Indonesia ini bukan sekadar aksi perdagangan belaka, tapi sekaligus diplomasi ekonomi Indonesia di dunia. Begitu pula saat PT INKA berhasil mengekspor 150 gerbong kereta api ke Bangladesh atau saat menggarap pasar-pasar non-tradisional di Afrika, Timur Tengah, dan Asia.

Dalam bidang diplomasi internasional, Indonesia mendorong Myanmar menyelesaikan konflik di Rakhine State melalui pembangunan yang lebih inklusif, menghormati HAM, dan melindungi semua komunitas. Indonesia bahkan telah menampung 1.806 migran konflik tersebut, mengirim bantuan kemanusiaan, dan membangun sekolah-sekolah di Myanmar.

Indonesia mendukung penuh kemerdekaan Palestina, juga mendorong ASEAN dan PBB untuk mengambil sikap yang sama. Sebuah kantor Konsulat Kehormatan Indonesia juga sudah dibuka Ramallah, Palestina. Selain itu, Indonesia mengecam keras pembatasan beribadah di Masjid Al-Aqsa pada bulan Juli 2017, bahkan kita telah mengusulkan proteksi internasional di kompleks masjid itu.
Tindakan nyata perlindungan warga negara kita di luar negeri misalnya dengan membebaskan sebagian besar WNI yang diculik kelompok teroris di Mindanao dan mengevakuasi WNI yang terjebak dalam konflik ISIS Marawi di Filipina.

Foto: Direktorat Jendral Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan RI

G+

APA KOMENTAR ANDA?
BERITA MENARIK
loading...
BERITA TERBARU
    Loading...