Kisah Soekarno dan Jokowi di Sukabumi

Soekarno dan Jokowi yang Salat Id di Lapangan Merdeka Sukabumi


Beritacas.com - Wali Kota Sukabumi M Muraz mengungkapkan, kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini, Jumat (1/9) mengulangi sejarah yang ditorehkan Presiden pertama RI, Soekarno atau akrab disapa rakyat dengan Bung Karno.

Menurut Muraz, hari ini pada 31 Agustus 1952, tepat 65 tahun yang lalu, Bung Karno datang menginap semalam di Sukabumi kemudian berbaur dengan ribuan rakyat melakukan Shalat Idul Adha di Lapangan Merdeka. Dan Presiden jokowi melakukan hal yang sama mengulangi sejarah.

Soekarno yang Salat Id di Lapangan Merdeka Sukabumi pada tanggal 31 Agustus 1952 | Istimewa

"Alhamdulillah sebuah kebanggan dan kehormatan. Yang dilakukan Bung Karno 65 tahun yang lalu sama seperti Pak Jokowi hari ini," ujar Muraz dengan mata berbinar-binar, Kamis malam (31/8).

Dan yang membuat Wali Kota Sukabumi semakin bangga, Presiden jokowi tidak hanya satu hari saja di Sukabumi, bahkan sampai melakukan Shalat Idul Adha Jumat pagi (1/9) dan melakukan beberapa kegiatan lainnya bersama rakyat Sukabumi.

Cuplikan koran yang memberitakan kedatangan Soekarno di Sukabumi | Istimewa

Saat berkunjung ke Sukabumi, Bung Karno menginap di sebuah hotel di kawasan Jalan Jenderal Ahmad Yani yang saat ini sudah berganti menjadi toko serba ada. Tidak lama setelah Bung Karno menginap di hotel itu, gedung tersebut dirobohkan lalu berganti nama menjadi Hotel Merdeka.

Berita kedatangan Presiden Soekarno pada 31 Agustus 1952 tersebut sempat dimuat dalam koran berbahasa Belanda bernama Algemeen Indisch dagblad: de Preangerbode.

Jokowi yang Salat Id di Lapangan Merdeka Sukabumi pada tanggal 31 Agustus 1952 | Istimewa

Setelah Shalat Idul Adha, Soekarno juga menyempatkan diri berkeliling ke sejumlah tempat di Sukabumi. Dan apa yang dilakukan Presiden Jokowi sekarang di Sukabumi memang benar-benar mengulangi sejarah dari sang proklamator tersebut.[beritahati.com]

G+

APA KOMENTAR ANDA?
BERITA MENARIK
loading...
BERITA TERBARU
    Loading...