Bertemu Aung San Suu Kyi, Menlu Retno Minta Kekerasan di Myanmar Dihentikan

Menlu Retno Marsudi dan Aung San Suu Kyi | Istimewa


Beritacas.com - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mendesak agar pemerintah Myanmar segera menghentikan segala bentuk kekerasan di Negara Bagian Rakhine.

Pernyataan itu disampaikan setelah Retno bertemu dengan State Councilor Myanmar Aung San Suu Kyi dan panglima militer negara itu, Senin (4/9). Dia adalah menteri luar negeri pertama yang menemui para petinggi negara itu sejak meletusnya konflik baru di Rakhine pada 25 Austus.

"Otoritas keamanan Myanmar perlu segera menghentikan segala bentuk kekerasan yang terjadi di Negara Bagian Rakhine, dan memberikan perlindungan kepada semua rakyatnya termasuk komunitas Muslim," kata Retno dalam pernyataannya.

Dia menambahkan Indonesia sudah mengajukan lima usulan kepada Myanmar untuk segera diimplementasikan "sehingga krisis kemanusiaan dan keamanan tidak makin memburuk."

Kekerasan di Rakhine membuat puluhan ribu warga etnis Rohingya mengungsi ke Bangladesh.

Menurut badan PBB urusan pengungsi, UNHCR, Senin (4/9), sekitar 73.000 pengungsi baru membanjiri Bangladesh sejak aksi kekerasan meletus di Rakhine pada 25 Agustus. [beritasatu.com]

G+

APA KOMENTAR ANDA?
BERITA MENARIK
loading...
BERITA TERBARU
    Loading...