Kapolri Tito: Indonesia Bisa Menjadi Negara Adidaya

Kapolri, Jenderal Tito Karnavian | Istimewa


Beritacas.com - Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Tito Karnavian mengaktan bahwa negara Indonesia bisa menjadi negara adidaya atau negara super power.

Hal ini, menurut Kapolri bisa terjuwud jika pemuda atau generasi bangsa Indonesia dapat bekerja sama.

"Indonesia bisa menjadi negara superpower kalau solid. Kembali pada kebangsaan yang kembali pada 1928. Tidak mengedepankan satu suku, tapi satu bangsa bernama Indonesia. Prinsip egaliterian kembali ke Pancasila," kata Tito dalam sambutannya di simposium nasional di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Senin (14/8/2017).

Tito menjelaskan bahwa untuk menjadi negara adidaya ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, yaitu populasi, sumber daya alam, wilayah negara yang luas dan sumber daya manusia.

"Pertama, populasi yang besar sebagai pekerja. Kedua, sumber daya alam sebagai bahan dasar yang dikelola pekerja. Ketiga, wilayah negara yang luas untuk mengelola sumber daya alam," tutur Tito.

Lanjut Tito, bahwa belajar dari sejarah Indonesia, maka pemuda dan mahasiswa adalah elemen terpenting untuk membuat Indonesia solid.

"Kembali ke sejarah Indonesia, yaitu pemuda dan mahasiswa, bukan Polri bukan TNI. Pemuda dan mahasiswa jadi elemen penting membuat Indonesia solid," tuturnya.

G+

APA KOMENTAR ANDA?
BERITA MENARIK
loading...
BERITA TERBARU
    Loading...