Bertemu Megawati, SBY: Moga Bangsa Indonesia Makin Bersatu

Istimewa


Beritacas.com - Presiden keenam Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono, enggan berkomentar banyak kepada wartawan usai mengikuti upacara hari ulang tahun kemerdekaan ke-72 RI di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8/2017).

Saat dicegat awak media begitu keluar dari pintu Istana Merdeka, ia tidak menjawab pertanyaan yang diajukan wartawan. Namun, Ketua Umum Partai Demokrat itu langsung menyampaikan harapannya mengenai Indonesia.

"Semoga bangsa Indonesia makin bersatu ya, kompak, membangun negerinya bersama-sama, Insy Allah 2045 negara kita akan kuat, makin adil, dan makin makmur. Itu saja," kata SBY.

SBY sempat dijamu makan siang oleh Presiden Joko Widodo bersama para tamu VVIP lainnya, termasuk Presiden ketiga RI BJ Habibie dan Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri.

Namun, ia enggan mengungkapkan obrolan apa saja yang dibahas para tokoh.

"Banyak, yang diobrolkan banyak," kata SBY.

SBY enggan menjawab lagi saat ditanya apa saja yang dibicarakan dalam pertemuannya dengan Megawati. Ia terus berjalan menuju mobil golf yang sudah bersiap tak jauh dari pintu keluar Istana Merdeka.


"Kasih jalan ya, maaf-maaf, baik-baik ya anak-anak ya, sukses selalu ya. Terima kasih ya," kata dia.

Ini adalah kali pertama SBY menghadiri upacara kemerdekaan di Istana setelah lengser sebagai Presiden keenam RI. Pada HUT RI tahun 2015 dan 2016 lalu, SBY lebih memilih merayakan kemerdekaan di kampung halamannya di Pacitan, Jawa Timur.

Sementara, Megawati juga tidak pernah hadir di Istana selama sepuluh tahun saat SBY menjabat. Namun, begitu SBY lengser dan digantikan Jokowi, Megawati tak pernah absen merayakan hari kemerdekaan di Istana.

Terakhir, pertemuan keduanya terjadi dalam suasana duka saat meninggalnya suami Megawati, Taufiq Kiemas, pada 2013. SBY ketika itu memimpin upacara penghormatan terakhir kepada Ketua MPR itu. Semenjak itu, mereka tak pernah berada dalam satu acara bersama.

Pada acara dialog kebangsaan yang dilakukan LIPI awal pekan ini, Megawati dan SBY menjadi pembicaranya. Namun, SBY tiba ke lokasi acara saat Megawati pergi.





kompas.com

G+

APA KOMENTAR ANDA?
BERITA MENARIK
loading...
BERITA TERBARU
    Loading...