Era Jokowi, Tol Brexit Tidak Terjadi Kemacetan Parah Pada Hari Lebaran Tahun Ini

Tol Brexit | Istimewa

Beritacas.com - Kemacetan parah yang terjadi di gerbang keluar tol Brebes Timur (Brexit) tak lagi terjadi tahun ini. Bahkan, kemarin (23/6), hingga H-2 Lebaran, tidak ada kendala lalu lintas yang berarti. Gerbang tol malah terkesan lengang.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian kemarin memantau langsung kondisi di Brexit. Dia menyebut penanganan arus mudik Lebaran 2017 ini lebih baik dari tahum sebelumnya "Tahun kemarin H-2 macet parah, antrean kendaraan terjadi sekitar 15 kilometer. Kalau tahun ini bisa kita lihat sendiri, tidak ada kendala yang berarti," kata Kapolri yang kemarin didampingi Menhub Budi Karya Sumadi dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Kondisi Tol Brexit Tahun tahun sebelumnya | Getty Images


Menurut Tito, permasalahan mudik 2017 kali ini terletak pada rest area. Yaitu, terjadi penumpukan kendaraan hingga 500 meter di ruas Brexit Km 252. "Hanya itu problemnya, yang lain aman," ucapnya.

Pengoperasian ruas tol fungsional Brebes-Batang, menurut Tito, sangat membantu mengurangi kemacetan di Brexit. Sebagian besar pemudik lebih tertarik melanjutkan perjalanan melalui jalan tol fungsional ketimbang keluar di Brexit. "Jumlah kendaraan yang keluar ke Brexit lebih sedikit daripada di Kaligangsa (gerbang menuju Tol Brebes-Batang, Red)," kata dia.

Kondisi Tol Brexit Tahun tahun sebelumnya | Getty Images


Bahwa ada insiden di ruas jalan tol fungsional, itu masih dalam batas kewajaran. Polisi meningkatkan kewaspadaan untuk mencegah terjadinya insiden lain. Di antaranya adalah membatasi penggunaan ruas tol fungsional saat siang saja.

"Kalau malam situasional saja, kalau padat dibuka, kalau sepi kita tutup," papar Tito.

Sementara itu, Kapolda Jateng Irjen Condro Kirono menambahkan, keberadaan ruas tol fungsional mampu mengurangi lebih dari 50 persen beban arus lalu lintas di Brexit dan jalur pantura. Kondisi lancar di sekitar Brexit juga tidak lepas dari pengoperasian empat flyover di jalur tengah yang biasanya terjadi di tol Pejagan. "Kendaraan biasanya terjebak macet di lintasan Klonengan, Prupuk, Tegal, kini sudah lancar karena ada flyover," kata Condro.





Sumber: jawapos.com 

G+

APA KOMENTAR ANDA?
BERITA MENARIK
loading...
BERITA TERBARU
    Loading...