PM Kanada, Justin Trudeau Memiliki Garis Keturunan NIAS, Benarkah?

Justin Tredeau | Istimewa

Beritacas.com - Perdana Menteri (PM) Kanada, Justin Pieree James Tredeau ternyata memiliki hubungan garis keturunan Indonesia, yakni dari suku Nias, Sumatera Utara.

Dilansir laman www.thepeerage.com, sebuah website yang melacak silsilah keluarga-keluarga ningrat Eropa, diketahui bahwa ibu dari Justin Trudeau tersebut memiliki kakek yang lahir di Makassar. Thomas Kirkpatrick Bernard, buyut Justin Trudeau dari ibunya, disebut lahir di Makassar pada tahun 1891 dan baru bermigrasi ke Kanada pada tahun 1906.

Bernard merupakan keturunan dari penjajah asal Britania Raya, seperti Francis James Bernard dan Arthur Bernard. Nama yang disebutkan terakhir adalah anggota dari House of Commons (Dewan Perwakilan) Irlandia. Keluarga tersebut dikenal sebagai trah kolonialis di Singapura, Malaysia, dan Indonesia.

Margaret Tredeau | Istimewa

Selain dari kakek buyutnya, nenek buyut dari ibunya pun disebut memiliki hubungan khusus dengan Indonesia. Cornelia Louisa Intveld, nenek buyut ketiga dari Margaret Trudeau, dikatakan lahir di Padang. Website Find A Grave juga mencatat bahwa ayah Intveld berasal dari Hellevoetsluis, Belanda, yang melalui Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) tinggal di Padang dan menjadi penduduk di tanah Sumatera Barat itu. Sedangkan, ibu Intveld merupakan seorang Ono Niha, sebutan bagi masyarakat asli Nias, Sumatera Utara, meski tak pernah jelas identitasnya.

Kutipan sisilah Justin Tredeau dari Wikipedia

Tredeau adalah seorang politisi Kanada yang tengah menjabat sebagai Pemimpin Partai Liberal Kanada. Ia merupakan putra sulung Pierre Trudeau, tokoh yang lama menjabat sebagai Perdana Menteri Kanada, dan Margaret Trudeau.

Trudeau terpilih sebagai anggota Parlemen untuk konstituensi Papineau pada tahun 2008 dan kembali terpilih pada tahun 2011. Ia pernah menjabat sebagai anggota kabinet bayangan partai untuk pemuda dan multikulturalisme, kependudukan dan imigrasi, serta pendidikan tinggi, pemuda, dan olahraga amatir. Pada tanggal 14 April 2013, Trudeau terpilih menjadi Pemimpin Partai Liberal Kanada.

Justin Tredeau | Istimewa

Dengan menangnya Partai Liberal dalam Pemilihan umum Kanada dengan suara mayoritas pada tanggal 19 Oktober 2015, ia terpilih menjadi Perdana Menteri Kanada ke-23.


G+

APA KOMENTAR ANDA?
BERITA MENARIK
loading...
BERITA TERBARU
    Loading...