Jemaat Gereja Kristen Indonesia (GKI) Yasmin Beribadah di Depan Istana

Foto: Via Kompas.com

Beritacas.com - Lebih dari 100 jemaat Gereja Kristen Indonesia (GKI) Yasmin, Bogor, kembali melaksanakan ibadah di seberang Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (5/3/2017).

Ibadah kali ini adalah ke-139 kalinya. Puluhan jemaat dari HKBP Filadelfia, Bekasi, juga ikut bergabung.

"Kami lakukan ini setiap dua pekan sekali, hari ini tepat pelaksanaan ibadah yang ke-139," ujar Juru Bicara GKI Yasmin, Bona Sigalingging saat ditemui di lokasi ibadah.

Seperti sejak awal, ibadah dilakukan di ruang terbuka tanpa atap yang melindungi para jemaat dari sengatan terik matahari. Para lansia, remaja dan anak-anak berkumpul.

Sebagian jemaat menggunakan payung, beberapa orang lainnya menggunakan topi untuk menghindari panas.

Meski berada dalam kondisi yang tidak memadai, para jemaat tetap khusyuk mendengar khotbah pendeta.

Di awal dan akhir ibadah, para jemaat dengan semangat melantunkan nada-nada lagu rohani. Suara gesekan biola dan petikan gitar sayup-sayup membaur di tengah bising kendaraan yang melintas.

Peribadatan yang dilakukan di depan Istana ini bermula setelah rumah ibadah mereka, HKBP Filadelfia yang ada di Bekasi dan GKI Yasmin di Bogor, disengketakan.

Jemaat kedua gereja ini dilarang melaksanakan kegiatan keagamaan oleh masyarakat sekitar karena alasan IMB gereja yang tak diakui.

Meski sudah ada putusan Mahkamah Agung yang menjamin para jemaat dapat beribadah di dalam gerejanya, warga sekitar tetap tak mengindahkannya dan terus menolak segala kegiatan yang dilakukan oleh para jemaat gereja (kompas.com).

G+

APA KOMENTAR ANDA?
BERITA MENARIK
loading...
BERITA TERBARU
    Loading...