Ahok Berharap Presiden Jokowi Resmikan Mesjid Jakarta Raya

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama saat meninjau pembangunan Mesjid Jakarta Raya

Beritacas.com - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok meninjau Masjid Raya Jakarta, Jalan Daan Mogot KM 14, Jakarta Barat. Tinjauan ke masjid seluas 2,4 hektar ini merupakan tinjauan terakhirnya sebelum memulai masa cuti kampanye untuk putaran kedua, Selasa besok (7/3).

Dalam tinjauannya kali ini, Ahok berharap agar Plt Gubernur yang nanti akan bertugas dapat menyiapkan kebutuhan pembangunan masjid agar dapat diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sekitar Maret atau April mendatang.

"Karena akan diresmikan oleh Presiden. Kita juga berharap nanti tanda tangan prasasti semua oleh Presiden," kata Ahok usai meninjau proyek Masjid Raya Jakarta. Masjid ini dahulu peletakan batu pertamanya dilakukan Jokowi saat masih menjadi gubernur.

Ahok juga berharap agar masjid yang dapat menampung sekitar 12 ribu jemaah ini dapat menjadi Kantor Dewan Masjid Indonesia.

"Kita juga akan jadikan ini Kantor Dewan Masjid Indonesia. Nah ini kita lagi pikirkan apa harus bentuk UPT, karena biaya segala macam," lanjutnya.

Untuk nama masjid, Ahok masih belum memutuskan. Tapi Ahok ingin agar Presiden yang memberi nama masjid itu.

"Untuk nama masjid tanya Presiden, karena dia yang akan resmikan," tuturnya.

Ahok tiba di Masjid Raya Daan Mogot pukul 16.10 WIB. Dalam tinjauannya, Ahok didampingi oleh Sekretaris Daerah, Saefullah dan Ketua DPW PKB DKI, Hasbiallah Ilyas.

Ground Breaking oleh Jokowi

Ground breaking pembangunan masjid ini dilakukan ketika Jokowi masih menjabat sebagai gubernur Jakarta, tepatnya pada 26 September 2014. Kala itu Jokowi menyebut Masjid Raya Jakarta dibangun di Jakarta Barat lantaran wilayah tersebut belum memiliki masjid besar yang menjadi ikon  wilayah.

"Jakarta Pusat ada Masjid Istiqlal, Jakarta Selatan ada Masjid Al-Azhar, Jakarta Utara ada Islamic Centre dan Jakarta Timur ada Masjid  At-Tien. Jakarta Barat nanti ada Masjid Raya Jakarta," ujar Jokowi saat itu.

Nantinya, kata Jokowi, Masjid Raya Jakarta akan menjadi ikon masjid di Ibu Kota dengan arsitektur khas gaya Betawi. Tak hanya itu, di sekeliling masjid juga akan dibuat danau dan ruang terbuka hijau (RTH) untuk menambah asri masjid tersebut (kumparan.com).

G+

APA KOMENTAR ANDA?
BERITA MENARIK
loading...
BERITA TERBARU
    Loading...