Pakai Celana Dalam Saat Tidur Tidak Menyuburkan Bagi Pria

Ilustrasi | Istimewa
Beritacas.com - Tidur baru terasa nyenyak bila yang bersangkutan merasakan kenyamanan. Nyamannya sendiri bisa ditentukan dari apakah mereka tidur sembari mengenakan sesuatu ataukah tidak.

Faktanya pakar menegaskan bahwa pria tidak dianjurkan untuk tidur mengenakan pakaian dalam sama sekali. Tak peduli apakah itu celana dalam biasa ataupun boxer yang lebih longgar.

Dr Brian Steixner, direktur Institute for Men's Health, Jersey Urology Group menjelaskan, tidur dengan memakai celana dalam bisa mengganggu kesehatan Mr P, bahkan mempengaruhi kualitas sperma yang dihasilkan.

"Penis mudah sekali tertekan, dan memakai celana dalam akan menambah suhu di sekitarnya. Akibatnya produksi sperma terganggu," jelas Steixner kepada The Sun.

Untuk bisa menghasilkan sperma yang optimal, testis atau yang lebih dikenal sebagai 'pabriknya sperma' harus berada dalam suhu sedikitnya 35 derajat Celcius atau lebih rendah dari suhu tubuh secara keseluruhan.

Di samping itu, suhu celana dalam yang tinggi dapat meningkatkan kelembaban serta menambah jumlah bakteri yang berkumpul di seputaran alat kemaluan. "Jadi kalau ada luka lecet atau kulit iritasi, bagian ini akan mudah sekali terinfeksi," lanjutnya.

Dalam berbagai studi juga dikatakan tidur dalam keadaan telanjang memberikan manfaat positif untuk kesehatan kulit dan meningkatkan kualitas tidur pria.

Penurunan suhu tubuh karena tidur telanjang juga ikut membantu membakar lebih banyak kalori dalam tubuh. Itulah sebabnya tidur telanjang juga dikatakan dapat membantu menurunkan berat badan.

Kendati demikian, pakar kesehatan reproduksi dari Universitas Tarumanegara dr Andri Wanananda, MS berpendapat tak jadi soal bila pria ingin tidur dengan memakai celana dalam.

"Sebaiknya tidur dengan celana dalam longgar atau tanpa celana dalam. Yang terpenting tidak boleh menekan buah zakar (testis), agar suhu tidak terlampau panas. Hal ini bisa mengganggu produksi sperma dalam buah zakar," urainya kepada detikHealth beberapa waktu lalu [detik.com].

G+

APA KOMENTAR ANDA?
BERITA MENARIK
loading...
BERITA TERBARU
    Loading...