Mengaku Kecewa, ACTA Cabut Gugatan Ganti Rugi Kepada AHOK

Novel Bamukmin | Istimewa

Beritacas.com - Laporan gugatan ganti rugi sebesar Rp. 47 Miliar terhadap Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok ternyata telah dicabut oleh Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) sebagai pelapor.

Kuasa hukum Ahok, Humprey Djemat, mengatakan gugatan itu dicabut pada Kamis (19/1). Pencabutan gugatan dilakukan sesaat sebelum sidang perdana kasus itu dibuka.

"Pihak penggugat melalui kuasa hukumnya dari Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) resmi mencabut gugatannya tersebut. Dengan demikian, gugatan perdata tersebut sudah tidak ada lagi," ujar Humphrey.

Salah satu anggota ACTA, Novel Bamukmin membeberkan sejumlah alasan yang melatarbelakangi pencabutan gugatan tersebut.

"Sejak pendaftaran, kami sudah tegaskan bahwa gugatan tersebut adalah gugatan ganti kerugian secara khusus diatur berdasarkan Pasal 98 ayat 1 KUHAP yang berbunyi, 'Jika suatu perbuatan yang menjadi dasar dakwaan di dalam suatu pemeriksaan perkara pidana oleh pengadilan negeri menimbulkan kerugian bagi orang lain, maka hakim ketua sidang atas permintaan orang itu dapat menetapkan untuk menggabungkan perkara gugatan ganti kerugian kepada perkara pidana itu'," kata Novel.

G+

APA KOMENTAR ANDA?
BERITA MENARIK
loading...
BERITA TERBARU
    Loading...