Ketua MUI: Tidak Ada Pengaruh Fatwa MUI Terkait Demo AHOK

Istimewa

Beritacas.com - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI, Ma’aruf Amin yang menjadi saksi pelapor dalam lanjutan persidangan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dalam kasus dugaan penistaan agama, menegaskan bahwa tidak ada pengaruh sikap dan pendapat MUI terkait demo tentang Ahok beberapa waktu yang lalu.

"Fakta timbul demo, apakah MUI menginstruksikan umat atau golongan?" tanya hakim anggota pada persidangan lanjutan Ahok, Selasa (31//7/2017).

"Tidak ada (kaitan, red), diproses saja secara hukum. Tidak ada hubungan dengan gerakan-gerakan itu," tegas Ma'ruf dalam menjawab pernyataan dari hakim.

Ma’aruf menjelaskan latar belakang sikap keagamaan MUI yang ditertera dalam surat pernyataan sikap dan pendapat MUI tertanggal 11 Oktober 2016.

Menurut Ma’aruf, keluarnya sikap MUI terkait pidato Ahok karena dilatarbelakangi oleh adanya permintaan dari beberapa masyarakat atau kelompok baik secara tertulis maupun secara lisan.

"(Ada) permintaan dari masyarakat ada yang lisan, ada yang tertulis. Supaya masalah ini ada pegangannya. Ada forum-forum, banyaklah saya lupa," jelas Ma’aruf.

Sehingga dari permintaan dan desakan tersebut, MUI melakukan kajian internal hingga mengeluarkan fatwa yang menyatakan bahwa pernyataan Ahok terkait pidato surat Al Maidah 51 dianggap sebagai penodaan agama.

"Kita melakukan penelitian, investigasi di lapangan dan menyimpulkan bahwa ucapannya itu mengandung penghinaan terhadap Alquran dan ulama. Keputusan pendapat dan sikap keagamaan Majelis Ulama Indonesia," tegas Ma'ruf.

G+

APA KOMENTAR ANDA?
BERITA MENARIK
loading...
BERITA TERBARU
    Loading...