Lucunya Negeri Ini, Kasus Ahok pun Dijadikan Soal Ujian di Sekolah

Doc. tribunnews.com

Beritacas.com - Sekolah Menengah Pertama (SMP) Muhammadiyah 1 Pubalingga, Jawa Tengah memberikan soal terkait penistaan agama dengan tersangka Gubernur DKI Jakarta nonaktif pada mata pelajaran Sejarah.

Dikutip dari tribunnews.com, ada dua soal yang sangat disayang bisa diloloskan tanpa diverifikasi terlebih dahulu. Bahkan kedua soal tersebut lebih mengarah kepada radikalisme.

Soal nomor 48: “Siapakah nama calon Gubernur Jakarta yang melecehkan Al-Quran saat ini?

Kemudian jawaban dari pilihan berganda tersebut, yaitu:
a. Paijo
b. Ahik
c. Ken Arok
d. Basuki (Ahok)

Dari soal tersebut, oknum guru pembuat soal sudah memvonis Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sudah melakukan pelecehan atau penistaan agama, padahal sampai detik ini belum bisa dibuktikan dan baru diproses di kejaksaan.

Ujian pelajaran tarikh atau sejarah itu adalah untuk kelas IX dan dilaksanakan pada Jumat, 2 Desember 2016. Ada 50 soal pilihan ganda dan lima soal dengan jawaban terbuka. 

Selain soal nomor 48, terdapat soal lain yang kontroversial pada lembar soal itu, yakni soal nomor 50.

Soal tersebut berbunyi: "Partai politik yang tidak mengenal Islam bahkan memusuhinya adalah:"
A. PPP
B. PAN
C. SI
D. PKI Kafir

Dikutip tempo.com, Ketua Majelis Pendidikan, Dasar, dan Menengah Pimpinan Daerah Muhammadiyah Purbalingga menerangkan dia baru mengetahui kejadian itu pada Senin, 5 Desember 2016. Mengetahui hal tersebut, dua hari setelah itu, Sukamto melayangkan surat teguran kepada Jumanto, guru yang membuat soal tersebut.

“Ini dilakukan oleh guru tersebut karena gurunya mungkin belum berpengalaman dan kurang memahami situasi. Yang bersangkutan sudah membuat surat pernyataan minta maaf tertulis,” katanya kepada Tempo, Jumat, 9 Desember 2016.

G+

APA KOMENTAR ANDA?
BERITA MENARIK
loading...
BERITA TERBARU
    Loading...