CPNS - 2017

Kuasa Hukum: Sidang Ahok Merupakan Trial by The Mob

Live Basuki Tjahaja Purnama

Beritacas.com - Trimoelja D Soerjadi, kuasa hukum Ahok membacakan eksepsi yakni penolakan atau keberatan atas dakwaan terhadap Ahok. Trimoelja mengatakan sidang Ahok merupakan trial by the mob atau pengadilan karenna bentuk desakan massa.

Trimoelja mengatakan pidato dan video Ahok di Kepulauan Seribu telah diunggah pemerintah provinsi sejak 27 September lalu, namun keributan baru terjadi sembilan hari kemudian.

Keributan terjadi etelah transkrip dan video diunggah lewat Facebook dengan tambahan kalimat bernada proviokatif oleh Buni Yani. Sejak itu gelombang protes bermunculan dimulai dari 14 Oktober, 4 November dan 2 Desember.

“Rakyat indonesia telah menjadi saksi dari tekanan massa di jalanan,” ucap Trimoelja.

Menurutnya rangkaian proses hukum Ahok di luar kebiasaan dalam proses hukum. Dia menyebutkan hanya dalam waktu tiga hari kejaksaan menyatakan berkas perkara lengkap setelah menerima dari pelimpahan kepolisian, dan hanya beberapa jam setelah menerima pelimpahan berkas dan tersangka, kejaksaan melimpahkan ke pengadilan.

"Telah terjadi pelanggaran hukum, karena setiap orang berhak untuk mendapatkan jaminan dan perlakuan hukum yang sama," kata Trimoelja. (CNNIndonesia)

G+

APA KOMENTAR ANDA?
BERITA MENARIK
loading...
BERITA TERBARU
    Loading...