CPNS - 2017

Kuasa Hukum Ahok: 4 Alasan Majelis Hakim Harus Batalkan Surat Dakwaan

Basuki Tjahaja Purnarma

Beritacas.com - Ketua Tim Kuasa Hukum Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Sirra Prayuna mengatakan bahwa Majelis Hakim harus membatalkan surat dakwaan terhadap Ahok dalam kasus dugaan penistaan agama.

Hal ini diungkapkan Sirra dalam pembacaan pembelaan terhada kliennya dalam persidangan yang digelar hari ini, Selasa (13/12/2016) di eks Gedung Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Menurut Sirra, ada 4 alasan majelis hakim untuk membatalkan surat dakwaan teradap Ahok.

Pertama, surat dakwaan dianggap prematur karena tidak dilalui dengan mekanisme peringatan keras. Kedua, surat dakwaan melanggar ketentuan lex specialis derogat legi generali.

Prinsip itu menyebut, aturan hukum yang bersifat khusus harus mengesampingkan aturan hukum yang bersifat umum, berdasarkan Pasal 1, 2, dan 3 UU 1/PNPS 1965 tentang Pencegahan Penyalahgunaan dan/atau Penodaan Agama.

“Ketiga, surat dakwaan tidak menjelaskan ada akibat yang dilakukan oleh saudara Basuki Tjahaja Purnama. Keempat, dalam dakwaan tidak dijelaskan siapa sebenarnya subjek korban,” ujar Trimoelja D Soerjadi, salah satu pengacara Ahok, Selasa (13/12)


G+

APA KOMENTAR ANDA?
BERITA MENARIK
loading...
BERITA TERBARU
    Loading...