Alasan Tidak Adanya Proses Pergantian Jaga Istana Hari Ini


Beritacas.com - Istana Kepresiden selalu berupaya mendekatkan diri dengan masyarakat. Berbagai cara dilakukan agar tidak ada lagi jarak antara Istana dengan masyarakat, di antaranya dengan melibatkan lebih banyak lagi masyarakat dalam kegiatan seperti peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-71, Prosesi Pergantian Jaga Istana, dan terakhir pergelaran seni dan budaya pada Peringatan Sumpah Pemuda ke-88.

Untuk Prosesi Pergantian Jaga Istana yang sebelumnya dijadwalkan satu bulan sekali yaitu di pekan ke-2 setiap bulannya, pada hari Minggu, 11 Desember 2016 ini tidak dilaksanakan.

Dalam siaran pers Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi, Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, disebutkan bahwa Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) Mayor Jenderal TNI (Mar) Bambang Suswantono memberikan pernyataan bahwa pelaksanaan kegiatan Prosesi Pergantian Istana sangat bergantung kepada kegiatan Paspampres dan pengisi acara. "Hari ini tidak ada pergantian Jaga Istana. Memang tidak dijadwalkan dan bukan karena disebabkan faktor lain," ucap Bambang.

Seiring dengan semakin banyaknya pihak yang terlibat sebagai pengisi acara, membuat prosesi Pergantian Jaga Istana tidak selalu dapat dilaksanakan di pekan ke-2 setiap bulannya.

"Semakin banyak pengisi acara seperti marching band dari sejumlah sekolah dan institusi memerlukan waktu persiapan yang lebih lama," kata Komandan Paspampres.

Selain itu, Bambang juga mengatakan bahwa pelaksanaan prosesi tersebut juga disesuaikan dengan situasi dan acara di lingkungan Istana Kepresidenan.

"Seperti bulan Agustus dilaksanakan di minggu ke-4 karena pada pertengahan bulan bersamaan dengan rangkaian acara Peringatan HUT-RI," imbuhnya.

Prosesi Pergantian Jaga Istana Kepresidenan dibuka untuk umum untuk pertama kalinya pada tanggal 17 Juli 2016. Kemudian berturut-turut dilaksanakan pada 28 Agustus 2016, 25 September 2016, 16 Oktober 2016 dan 20 November 2016.

Dalam atraksi tersebut, tidak hanya menampilkan upacara prosesi pergantian penjaga saja, namun ditampilkan pula sejumlah atraksi kesenian seperti musik orkestra, marching band, dan tarian dari berbagai institusi.

Ke depan, pelaksanaan Prosesi Jaga Istana ini tetap akan dilaksanakan. "Tentunya akan terus dilaksanakan, mengingat Prosesi Jaga Istana ini merupakan arahan langsung Presiden, sebagai upaya mendekatkan Istana dengan masyarakat. Dan Prosesi Jaga Istana sangat dinantikan masyarakat," ucap Bambang. (Humas Kemensetneg)

G+

APA KOMENTAR ANDA?
BERITA MENARIK
loading...
BERITA TERBARU
    Loading...