KPU DKI Jakarta: Pemeriksaan Tak Terpengaruh Terhadap Pencalonannya

Ahok dan timses | Istimewa

Beritacas.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta angkat bicara perihal kejelasan status Gubernur nonaktif DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok jika nantinya ditetapkan jadi tersangka oleh Polri dalam kasus dugaan penistaan agama.

Menurut Ketua KPU DKI, Sumarno, pemeriksaan Ahok oleh kepolisian tidak berpengaruh apapun terhadap status pencalonannya.

"Aturan pemeriksaan di kepolisian tak berpengaruh apapun terhadap status pencalonannya," ujar ketua KPU DKI Sumarno, Jumat (11/11/2016) malam, seperti dikutip dari detik.com.

"Dalam hukum itu kan ada istilah terperiksa, terdakwa, tersangka dan terpidana. Bahkan meski sudah jadi tersangka, tidak berpengaruh apapun terhadap statusnya (sebagai cagub)," kata Sumarno.

"Yang diatur kalau dia terpidana, misalnya pidana penjara dihukum 5 tahun atau lebih, baru ada sanksi berupa pembatalan, kalau memang putusannya sudah berkekuatan hukum tetap. Kalau baru terperiksa belum tentu salah, tersangka saja belum tentu salah, harus ada pembuktian di pengadilan, hakim memvonis yang bersangkutan dan terbukti melakukan tindak pidana," sambungnya.

Untuk diketahui, kasus dugaan penistaan agama yang dituduhkan kepada Ahok telah menimbulkan polemik dan menyebabkan terjadinya gelombang menuntut Ahok diproses secara hukum.

G+

APA KOMENTAR ANDA?
BERITA MENARIK
loading...
BERITA TERBARU
    Loading...