Kesiapsiagaan dan Narasi Besar dalam Safari Militer Jokowi

Presdien Joko Widodo di Markas Kostrad | Setneg

Beritacas.com - Presiden Joko Widodo menjelaskan maksud kedatangannya ke markas Kostrad tersebut. Ia mengatakan bahwa dirinya ingin memastikan kesiapan pasukan Kostrad dalam menjaga keamanan negara Indonesia. Ia meyakinkan bahwa kunjungan tersebut tidak berkaitan dengan rencana demonstrasi pada 25 November mendatang sebagaimana diberitakan.

"Ini untuk memberikan ketenteraman kepada masyarakat. Kalau masyarakat tahu sudah siap (TNI dan Polri), semuanya tenang," ucap presiden.

Ditanyakan mengenai potensi ancaman yang ada, Presiden menjawab bahwa ancaman tersebut bisa berasal dari dalam dan juga luar. Namun, meskipun kesiapsiagaan selalu berlaku, dirinya menekankan kembali bahwa saat ini negara berada dalam keadaan aman.

"Ancaman bisa dari dalam dan luar, tetapi sekarang sangat aman. Tetapi kesiapan tetap harus ada," tegasnya.

Selain itu, terkait dengan narasi besar yang sehari sebelumnya diutarakan, presiden menerangkan bahwa hal tersebut bertujuan untuk memberikan ketenangan di kalangan masyarakat. Koramil dan Babinsa di masing-masing wilayah diharapkan dapat turut serta menciptakan suasana sejuk dan aman di masyarakat.

"Narasi-narasi yang positif itu akan ditangkap langsung oleh akar rumput. Karena di bawah ada Koramil dan Babinsa. Kalau narasi itu ditangkap oleh bawah, masyarakat akan semakin tenang dan pembangunan dari atas sampai ke bawah juga bisa dilaksanakan dengan baik," terangnya.

Usai acara berlangsung, presiden menyempatkan diri untuk menuliskan pesan di atas kanvas bagi seluruh pasukan Kostrad. Dalam pesannya itu, dirinya meminta kepada para prajurit untuk terus menjaga nama baik Kostrad dan menjadi prajurit TNI sejati.

"Jaga terus nama baik Kostrad. Tetaplah menjadi prajurit TNI sejati demi kejayaan NKRI," tulisnya.

Turut hadir dalam arahan presiden kepada prajurit Kostrad ialah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono, Panglima Kostrad Letnan Jenderal TNI Edy Rahmayadi, dan Kepala Staf Kostrad Mayor Jenderal TNI Cucu Sumantri.

G+

APA KOMENTAR ANDA?
BERITA MENARIK
loading...
BERITA TERBARU
    Loading...