Donald Trump Tegaskan Tak Akan Ambil Gaji Selama Jadi Presiden AS

Donald Trump | Reuters

Beritacas.com - Donald Trump, Presiden AS terpilih menegaskan tidak akan mengambil gajinya sebagai presiden selama memimpin negeri Paman Sam tersebut.

Jika dikalkulasi besarnya gaji Donald Trump menjadi presiden setiap tahunnya adalah 400.000 dolar US atau Rp. 5.3 miliar setahun.

"Saya tak akan mengambil gaji (presiden). Saya tegaskan tidak akan mengambilnya," kata Trump dalam program "60 Minutes" di stasiun televisi CBS.

Pernyataan ini sekaligus menegaskan janji yang dibuatnya dalam kampanye presiden pada September lalu.

"Namun, undang-undang mengharuskan saya mengambil sedikitnya 1 dolar. Jadi saya akan ambil 1 dolar saja," Trump menegaskan.

Ini adalah salah satu janji yang kemungkinan bakal dipenuhi Trump saat resmi menjabat sebagai presiden AS.

Dalam wawancara yang sama, Trump juga mengatakan dia akan memenuhi janjinya untuk mendeportasi jutaan imigran gelap dari Amerika Serikat.

"Yang akan dideportasi adalah para kriminal dan mereka yang memiliki catatan kriminal, anggota geng, pengedar narkoba," ujar Trump.

"Jumlah mereka ini cukup banyak, mungkin dua juta, atau bahkan tiga juga orang. Kami akan mengeluarkan mereka dari negeri ini," ujar Trump.

Pengusaha kaya ini memang menjadikan isu keamanan di perbatasan AS dan Meksiko sebagai salah satu "jualan" utaanya sepanjang kampanye pemilihan presiden.

Ternyata pilihan ini mujarab, dan Trump secara mengejutkan memenangkan pemilihan presiden dengan mengalahkan rivalnya dari Partai Demokrat, Hillary Clinton.

Dalam wawancara yang sama, Trump menambahkan, rencananya mendirikan penghalang di perbatasan dengan Meksiko.

Tembok pembatas ini, lanjut Trump, tak sepenuhnya dibangun dengan bahan beton dan batu bata.

"Mungkin ada ada pagar di sejumlah tempat," ujar Trump dalam wawancara perdannya usai terpilih menjadi presiden AS.

"Tetapi di beberapa daerah, tembok pembatas jauh lebih cocok. Saya sangat hebat dalam hal membangun semacam ini,"  kata Trump kepada CBS.

G+

APA KOMENTAR ANDA?
BERITA MENARIK
loading...
BERITA TERBARU
    Loading...