Donald Trump Menang di Pilpres AS, Unggul dari Hillary Clinton

Capres AS, Donald Trump | Istimewa

Beritacas.com - Calon Presiden Amerika Serikat, Donald Trump sepertinya akan meraih kemenangan dalam pertarungan pemilihan presiden Amerika Serikat.

Saingannya, Hillary Clinton tertinggal jauh dalam perolehan suara sementara.

Perhitungan terakhir dari proyeksi sejumlah lembaga menunjukkan bahwa taipan real estat itu hanya membutuhkan 16 electoral votes lagi untuk mencapai angka 270 yang dibutuhkan.

Aroma kemenangan Trump sudah mulai tercium setelah dia secara mengejutkan berhasil menghancurkan benteng pertahanan “Blue Firewall” Hillary Clinton.

Negara bagian Wisconsin menjadi saksi bisu hasil spektakuler Trump yang tampil lebih baik dari prediksi pengamat politik dan lembaga survei.

Kekalahan di Wisconsin menjadikan jalan Hillary yang saat ini memiliki 215 electoral votes hampir dipastikan tertutup untuk menjadi presiden wanita pertama AS.

Di awal perhitungan suara, mantan Menteri Luar Negeri ini juga menderita kekalahan di sejumlah swing state krusial, seperti Florida, Ohio, Iowa, dan Carolina Utara.

Kekalahan ini membuat Hillary tidak mempunyai pilihan selain harus menyapu bersih lima negara bagian benteng pertahanannya, yaitu Pennsylvania, Michigan, Wisconsin, Colorado, dan Virginia.

Celakanya, kekalahan di Wisconsin merupakan sinyal buruk bagi Blue Firewall lain, terutama Pennsylvania dan Michigan.

Kedua negara bagian yang hasilnya masih dihitung ini memiliki kemiripan demografi dengan Wisconsin, yaitu didominasi oleh pemilih kulit putih dari kelas pekerja (blue collar) yang tidak berpendidikan universitas.

G+

APA KOMENTAR ANDA?
BERITA MENARIK
loading...
BERITA TERBARU
    Loading...