Dinilai Kooperatif, Buni Yani Tidak Ditahan Meski Berstatus Tersangka

detik.com

Beritacas.com - Buni Yani tidak ditahan oleh Polda Metro Jaya setelah ditetapkan jadi tersangka dalam kasus dugaan penyebaran kebencian informasi SARA.

Setelah menjalani pemeriksaan kurang lebih 19 Jam, Buni Yani diperbolehkan pulang kerumah, namun akan dicekal untuk berpergian ke luar negeri selama 60 hari kedepan.

Hal ini sampaikan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya, Awi Setiyono kepada pewarta saat melakukan konferensi pers pasca pemeriksaan Buni Yani di Mapolda Metro Jaya, Kamis (24/11/2016).

"Barusan pukul 16.00 WIB, pemeriksaan tersangka selesai dan untuk selanjutnya yang bersangkutan tidak dilakukan penahanan," ujar Awi.

Tidak ditahannya Buni Yani, Awi menjelaskan bahwa selama pemeriksaan, Buni Yani dinilai kooperatif. Selain itu Buni Yani juga dianggap tidak akan melarikan diri dan menghilangkan barang bukti, sebab semua barang bukti dalam kasus Buni Yani sudah disita oleh penyidik.

"Dengan alasan itu, kami putuskan tidak menahannya," kata Awi.

Buni Yani dijerat Pasal 28 ayat (2) juncto Pasal 45 ayat (2) Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi Teknologi dan Transaksi Elektronik tentang penyebaran informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan berdasarkan SARA.

Ancaman hukumannya maksimal enam tahun penjara dan denda maksimal Rp 1 miliar.

G+

APA KOMENTAR ANDA?
BERITA MENARIK
loading...
BERITA TERBARU
    Loading...