Wawali Gunungsitoli Membuka Secara Resmi Acara Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Masyarakat dan Pelajar

Foto: Wakil Walikota Gunungsitoli, Sowa'a Laoli, SE., M.Si saat menghadiri acara Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Masyarakat dan Pelajar se-Kota Gunungsitoli Tahun 2016 | Humas


Beritacas.com - Wakil Walikota Gunungsitoli, Sowa'a Laoli, SE., M.Si menghadiri serta membuka secara resmi acara sosialisasi pendidikan politik bagi masyarakat dan pelajar se-Kota Gunungsitoli tahun 2016. Acara ini dihadiri juga oleh Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli, Staf Ahli dan Assisten Setda Kota Gunungsitoli, para pimpinan SKPD Lingkup Pemerintah Kota Gunungsitoli, Camat dan Lurah se-Kota Gunungsitoli, Narasumber, Para peserta Pendidikan politik.

Wakil Walikota Gunungsitoli dalam arahannya menyampaikan bahwa pendidikan politik pada hakekatnya bertujuan untuk mengubah rakyat dari sekedar objek menjadi subjek dari segala bentuk proses politik. Salah satu wujud nyata keberhasilan pendidikan politik adalah ketika warga negara memiliki kesadaran politik untuk berpartisipasi aktif serta mampu mengontrol segala bentuk proses politik. Dimana kita juga ketahui proses pelembagaan politik dalam tataran electoral-procedural sudah semakin melembaga, pergantian elit politik dan suksesi kepemimpinan nasional sudah merupakan hal yang wajar dalam kehidupan sistem ketatanegaraan. Dan kita tentu berharap bahwa pada perkembangannya proses perubahan politik yang demokratis di negeri ini akan lebih baik dan memenuhi harapan seluruh rakyat Indonesia.

Wakil Walikota Gunungsitoli juga menjelaskan bahwa tanggung jawab bukan hanya terletak ditangan partai politik sebagaiman di amanatkan pada UU Nomor 2 tahun 2008 tentang partai politik, sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 2 tahun 2011 Nomor 8. Pendidikan politik dalam maknanya sebagai pencerahan dan pencerdasan politik harus dilakukan oleh seluruh elemen bangsa, baik oleh pemerintah maupun agen agen non pemerintah serta individu.

Wakil Walikota Gunungsitoli memaparkan beberapa tujuan pelaksanaan pendidikan politik bagi masyarakat dan pelajar, yaitu :
  1. Meningkatkan kesadaran hak dan kewajiban masyarakat berbangsa dan bernegara
  2. Meningkatkan kemandirian dan kedewasaan
  3. Berkembangnya karakter bangsa yang selaras dengan budaya dan sejarah bangsa
  4. Menghasilkan wakil-wakil rakyat yang aspiratif, berkualitas dan bertanggung jawab
  5. Memberikan pemahaman kepada masyarakat secara keseluruhan dalam mensukseskan pemilihan kepala desa se-kota Gunungsitoli pd tanggal 27 Oktober 2016

Diakhir arahannya beliau menyampaikan tema pendidikan politik pada tahun ini adalah " PERAN PEMERINTAH DALAM MEWUJUDKAN MASYARAKAT DESA YANG DEMOKRATIS "

Wakil Walikota juga mengharapkan kepada seluruh peserta pendidikan politik yang sudah hadir untuk dapat membangun suatu sistem politik yang bersih yang berlandaskan pada nilai agama, rasa malu, dan nilai nilai luhur Pancasila.

Dikutip dari Laman Facebook Humas Kota Gunungsitoli

G+

APA KOMENTAR ANDA?
BERITA MENARIK
loading...
BERITA TERBARU
    Loading...