Singkong Yang Kampungan, Tapi Punya Khasiat Yang Dahsyat



Singkong bukan makanan kampungan atau konsumsi orang tak mampu karena harganya yang relatif murah. Bahan makanan berbentuk akar ini bisa dijadikan pengganti nasi dan di beberapa tempat menjadi makanan pokok. 

Singkong juga bisa dijadikan teman yang baik untuk minum teh atau kopi pada sore hari. Singkong bisa diolah dengan cara digoreng, direbus, dibakar, dibuat kolak, menjadi kue atau makanan lezat, seperti getuk, tiwul, timus, keripik, atau dibuat tepung tapioka. Jangan pandang sebelah mata bahan makanan berbentuk panjang ini. Sebab, di balik bentuknya yang sederhana, terdapat begitu banyak manfaat buat kesehatan.

Dalam satu batang singkong terkandung 30 persen karbohidrat, 18 persen kalori, 4 persen serat, 6 persen mangan, 2 persen kalsium, 1 persen fosfor, 1 persen asam pantotenik, dan 1 persen folat, serta bebas gluten. Berikut ini beberapa manfaat singkong buat kesehatan.

1. Memperbaiki sirkulasi darah
Kandungan zat besi pada singkong berperan dalam pembentukan sel-sel darah merah dan mencegah anemia serta melancarkan aliran darah dan oksigen yang akan menjaga sel-sel tersebut tetap sehat.


2. Bergizi untuk ibu hamil
Kandungan vitamin B kompleks, termasuk asam folat, sangat dibutuhkan ibu hamil untuk mencegah bayi lahir cacat.

3. Menyehatkan pencernaan
Kandungan serat pada singkong membantu kesehatan pencernaan dan proteinnya juga baik untuk mendukung proses metabolisme.

4. Kesehatan tulang
Singkong kaya vitamin K, kalsium, dan zat besi yang penting untuk menjaga kesehatan tulang.

5. Kesehatan saraf
Kandungan vitamin K pada singkong juga baik untuk menjaga kesehatan saraf dan mengurangi risiko terserang penyakit Alzheimer. 

6. Menurunkan tekanan darah
Singkong mengandung potasium, mineral penting yang dibutuhkan tubuh dan merupakan vasodilator yang mampu menurunkan tekanan dan stres pada aliran dan pembuluh darah. Aliran darah pun menjadi lebih lancar, begitu juga sistem kardiovaskular. 

7. Sumber tenaga
Karbohidrat adalah sumber tenaga yang sangat dibutuhkan tubuh. Singkong mengandung karbohidrat tinggi, tapi tanpa kandungan lemak jenuh dan kolesterol, jadi sumber energi tetap tersedia dan tak membuat kita gampang lapar.

tempo.com

G+

APA KOMENTAR ANDA?
BERITA MENARIK
loading...
BERITA TERBARU
    Loading...