Hasil RDPU DPRD Nias Selatan dengan Masyarakat Onolalu Terkait Dipindahkannya Puskesmas Onolalu

Foto: RDPU DPRD Nisel dengan Perwakilan Masyarakat Onolalu Tentang Perpindahan Lokasi Pembangunan Puskesmas Onolalu dari Desa Hilifalago ke Desa Hilinamozaua | Gunawan L. Maduwu


Untuk menindaklanjuti aspirasi masyarakat desa Hilifalago, Hilifalago Raya dan Hilifarono tentang keberatan atas perpindahan lokasi pembangunan Puskesmas Onolalu dari Desa Hilifalago ke Desa Hilinamozaua, DPRD Kabupaten Nias Selatan dalam hal ini Komisi B, melakukan Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan perwakilan masyarakat Kecamatan Onolalu Kabupaten Nias Selatan (5/9/2016).

Dalam RDPU tentang pembangunan gedung Puskesmas Onolalu Kecamatan onolalu di Ruangan Sidang DPRD Kabupaten Nias Selatan di hadiri oleh Pimpinan DPRD dan Anggota, Sekda, Asisten 3, Dinas PU, Dinas Kesehatan, Kabag Hukum, Kadis Inspektorat, dan kepala Desa serta masyararakat Kecamatan Onolalu

Foto: Hasil RDPU Komisi B DPRD Kabupaten Nias Selatan dengan Masyarakat Desa Hilifalago, Hilifalago Raya dan Hilifarono Tentang Pemindahan Lokasi Pembangunan Puskesmas Onolalu dari Desa Hilifalago ke Desa Hilinamozaua


Adapun hasil rapat dengar pendapat umum (RDPU) tersebut adalah sebagai berikut:

DASAR:

  1. Hasil audiensi masyarakat 3 (tiga) Desa Kecamatan Onoalalu pada hari Jumat tanggal 2 September 2016 kepada Pimpinan DPRD Kabupaten Nias Selatan dan dilanjutkan dengan hasil penjadwalan dari Bamus terkait pemindahan Pembangunan Gedung Puskesmas Onolalu Kecamatan Onolalu Kabupaten Nias Selatan.


IDENTIFIKASI:
  1. Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Selatan tidak bisa menunjukkan atau memperlihatkan secara tertulis alasan pemindahan.
  2. Ditemukannya ada surat pernyataan semacam dukungan pemindahan lokasi yang tidak disertai hari, tanggal. bulan dan tahun.
  3. Pendapat Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Selatan yang mendasari perubahan lokasi adalah untuk memenuhi administrasi dalam pembangunan fisik gedung Puskesmas di Onolalu yang beralamat di Desa Hilifalago tetapi mengabaikan Keputusan Bupati Selatan Nomor 03 Tahun 2013 dan Nomor 352 Tahun 2015.
REKOMENDASI:
  • Setelah melihat keputusan Bupati Nias Selatan Nomor Tentang Penetapan Nama, Klasifikasi dan Kriteria Puskesmas Serta Jaringannya Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Selatan Tahun 2013 serta Keputusan Bupati Nias Selatan Nomor 352 Tahun 2015 Tentang Penetapan Nama, Klasifikasi dan Kriteria Puskesmas Serta Jaringannya Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Selatan Tahun 2015 yang dikeluarkan pada tanggal 29 Mei 2015 dalam lampirannya menyebutkan bahwa puskesmas Onolalu di Kecamatan Onolalu yang beralamat di Desa Hilifalago, maka dengan itu Komisi B DPRD Kabupaten Nias Selatan bersepakat bahwa tidak ada argumentasi untuk dipindahkan lokasi pembangunan gedung Puskesmas Onolalu Kecamatan Onolalu yang beralamat di DESA HILIFALAGO.
  • Komisi B DPRD Kabupaten Nias Selatan meminta kepada Bupati Nias Selatan untuk melakukan bimbingan kepada pegawai-pegawai di Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Selatan yang dengan sengaja membuat kebijakan-kebijakan yang bertentangan dengan keputusan-keputusan Kepala Daerah.

Hasil RDPU ini ditanda tangani dan disetujui oleh pimpinan dan anggota Komisi B DPRD Kabupaten Nias Selatan, Perwakilan Pemerintah, dan perwakilan masyarakat Desa Hilifalago, Hilifalago Raya dan Hilifarono.

Foto: Hasil RDPU Komisi B DPRD Kabupaten Nias Selatan dengan Masyarakat Desa Hilifalago, Hilifalago Raya dan Hilifarono Tentang Pemindahan Lokasi Pembangunan Puskesmas Onolalu dari Desa Hilifalago ke Desa Hilinamozaua




Lokasi Puskesmas Onolalu Pindah, Masyarakat Desa Hilifalago Keberatan







G+

APA KOMENTAR ANDA?
BERITA MENARIK
loading...
BERITA TERBARU
    Loading...