Puskesmas Onolalu Akan Dipindahkan Dengan Alasan Yang Tidak Jelas

Foto: Kepala UPTD Puskesmas Onolalu, Eri Kurniawan Telaumbanua, SKM Bersama Staf Berfoto Bersama dengan Ibu Merry Girsang dari Kementerian Kesehatan RI, Ibu Ny. Hadisem Lase, Staf Dinas Kesehatan Kab. Nias Selatan saat mengunjungi Puskesmas Onolalu dalam rangka monitoring evaluasi yang beralamat di Jl. Inpres Desa Hilifalago Kec. Onolalu pada tanggal 9 April 2016 yang lalu| Ny. H. Lase | FB


UPTD. Puskesmas Onolalu ditetapkan oleh Bupati Nias Selatan, Idealisman Dachi melalui surat keputusan Nomor 03 Tahun 2013 yang beralamatkan/lokasi di Desa Hilifalago, Kecamatan Onolalu Kabupaten Nias Selatan.

Sebelum penetapan tersebut, UPTD Puskesmas Onolalu merupakan Puskesmas Pembantu Telukdalam di Onolalu sejak tahun 1985 yang pada waktu itu masih dilingkungan kerja Kabupaten Nias. Hal ini berdasarkan informasi yang diperoleh dari rancangan gambar pembangunan Puskesmas Pembantu di Onolalu oleh Dinas PU Daerah Tk. II Nias pada tanggal 25 Maret 1985.
Foto: Rancangan Gambar Puskesmas Pembantu di Onolalu Tahun 1985 | Arsip Desa Hilifalago


Namun pada tahun 2015 dengan mengabaikan surat keputusan Bupati Nias Selatan dengan Nomor 03 Tahun 2013 dan surat keputusan Bupati Nias Selatan dengan nomor 352 Tahun 2015 tentang Penetapan Nama, Klasifikasi dan Kriteria Puskesmas Serta Jaringannya Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Selatan, lokasi pembangunan Puskesmas Onolalu dipindahkan dari Desa Hilifalago ke Desa Hilinamozaua dengan alasan sebagai pemenuhan administrasi dalam pembangunan fisik gedung Puskesmas di Onolalu.

Dari informasi yang diperoleh, Lokasi Pembangunan Puskesmas Onolalu akan dibangun di salah satu desa yang terdapat di Kecamatan Onolalu, diluar desa asal Puskesmas Onolalu tersebut.

Hal ini memicu polemik dan pro kontra dikalangan masyarakat Onolalu khususnya Desa Hilifalago, Hilifalago Raya dan Hilifarono. 

Menurut salah satu warga Desa Hilifalago yang tidak mau disebutkan namanya, bahwa pemindahan lokasi pembangunan lokasi Puskesmas Onolalu telah mencederai dan mengabaikan historis asal muasal penamaan Kecamatan ONOLALU. Penamaan Kecamatan ONOLALU tidak terlepas dari sejarah berdirinya Puskemas Onolalu yang sebelumnya adalah Puskesmas Pembantu di Onolalu yang beralamatkan di Desa Hilifalago Kecamatan Onolalu Kabupaten Nias Selatan.
Foto: Lelang Pembangunan Puskesmas Onolalu berdasarkan informasi yang diperoleh dari LPSE Nias Selatan


Warga Desa Hilifalago, Hilifalago Raya dan Hilifarono meminta kepada Bapak Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha, SH., MH agar mempertimbangkan untuk melanjutkan pembangunan Puskesmas Onolalu dilokasi yang berbeda sesuai dengan surat penetapan yang dikeluarkan oleh bupati sebelumnya.

Harapan masyarakat desa Hilifalago, desa dimana sejarah berdirinya Puskesmas Onolalu dan penamaan Kecamatan Onolalu agar lokasi pembangunan Puskesmas Onolalu tetap di Desa Hilifalago, Desa Lokasi Puskesmas Onolalu berada sekarang ini. dan lokasi sesuai Surat Keputusan Bupati Nias Selatan Nomor 03 Tahun 2013 dan Surat Keputusan Bupati Nias Selatan Nomor 352 Tahun 2015 Tentang Penetapan Nama, Klasifikasi dan Kriteria Puskesmas Serta Jaringannya Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Selatan.

Lokasi Puskesmas Onolalu Pindah, Masyarakat Desa Hilifalago Keberatan




G+

APA KOMENTAR ANDA?
BERITA MENARIK
loading...
BERITA TERBARU
    Loading...