Nias Selatan, Diantara GBD, PTTD, THL dan Pesta Ya'howu 2016

Foto: Nias Selatan, Diantara GBD, PTTD, THL dan Pesta Ya'howu 2016 | BerCAS

Nias Selatan merupakan salah satu kabupaten yang terdapat di Kepulauan Nias Propinsi Sumatera Utara yang akhir-akhir ini heboh ketika Presiden Joko Widodo mengunjungi Pulau Nias yang katanya Pulau Impian namun batal datang dan menyaksikan atraksi adat di Desa Bawomataluo Kabupaten Nias Selatan.

Euforia kedatangan Presiden Jokowi ke Pulau Nias ternyata masih berlanjut. Adalah Pesta Ya'ahowu, salah satu event yang hilang ditelan bumi beberapa tahun terakhir ini sejak tahun 2001 yang katanya lagi ya, Presiden Jokowi akan datang langsung ke Nias Selatan untuk menghadiri Pembukaan Pesta Ya'ahowu tersebut.

Baca:

50% Jokowi Akan Hadiri Pesta Ya'ahowu di Kepulauan Nias 2016


Kepastian Presiden Jokowi akan datang ke Nias Selatan, dari informasi yang beredar hari ini (11/9/2016) bertepatan dengan Pembukaan Perlombaan Hombo Batu (Lompat Batu) yang dibuka langsung oleh Bapak Bupati Dr. Hilarius Duha, SH., MH bahwa tanggal 17/9/2016, pembukaan PESTA YA'AHOWU akan dihadiri oleh Presiden Jokowi.

Ya....., itu hanyalah penegasan dari informasi yang beredar bukan pulak suatu keputusan. Karena keputusan ada ditangan yang empunya, yaitu Yang Terhormat Presiden Republik Indonesia Bapak Jokowi. Beliau lah yang lebih mengetahui apakah akan datang atau tidak dan tidak terlepas dari kehendak sang pencipta. Beliau juga yang akan atau tidak memenuhi harapan masyarakat Nias Selatan secara khusus dan masyarakat Kepulauan Nias secara umum.

Jauh sebelum kehebohan kedatangan Presiden Jokowi dan Pesta Ya'ahowu 2016 di bumi Nias Selatan, Guru Bantu Daerah yang dalam bahasa sehari-hari masyarakat Nias Selatan adalah GBD melakukan demo besar-besaran di kantor DPRD dan Dinas Pendidikan Kabupaten Nias Selatan. Mereka menuntut gaji dan nasib mereka. Dan tidak lama juga kemudian menyusul Pegawai Tidak Tetap Daerah (PTTD) membawa aspirasi serupa, pembayaran gaji dan kejelasan status dalam pekerjaan, "DIPERPANJANG ATAU TIDAK".

Awal bulan Juni 2016, merupakan awal bulan yang sangat-sangat sial, keramat atau keberuntungan bagi seluruh GBD, PTTD, dan Tenaga Harian Lepas (THL) di lingkungan Pemerintah Daera h Kabupaten Nias Selatan. Pemda Nias Selatan secara sepihak memutus hubungan kerja atau kontrak secara keseluruhan GBD, PTTD dan THL. Seakan dikomandai pula, GBD dengan Forum Aspirasi Guru (Faguru) Nias Selatan, PTTD dan THL melakukan aksi untuk menyampaikan aspirasi mereka kepada dewan rakyat dan dinas terkait. Mereka menuntut pembayaran gaji dari bulan Januari s/d Juni 2016.

Foto: GBD Ketika Melakukan Audiens di Kantor Dinas Pendidikan Nias Selatan

Selain menuntut gaji, GBD juga menuntut perpanjangan kontrak sesegera mungkin dilakukan, mengingat tahun ajaran 2016/2017 akan segera dimulai.

Perjuangan GBD dan kawan-kawan tidak sia-sia.

Melalui Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) antara pemerintah dengan GBD, PTTD, THL yang difasilitasi oleh DPRD Nias Selatan (22/7/2016), pemerintah sepakat untuk membayarkan gaji GBD, PTTD dan THL.

Ini Hasil RDPU Antara Pemkab Nias Selatan dengan GBD, PTT dan Tenaga Honor Lainnya


Sampai saat ini, Gaji GBD dan THL sudah dibayar oleh Pemda Nias Selatan, walaupun masih ada beberapa orang GBD yang belum menerimanya.

PTT Daerah ?????

Disaat Kota Teluk Dalam sedang mempersiapkan diri untuk menyambut PESTA Ya'ahowu, PTT Daerah masih sibuk menyusun strategi untuk menyampaikan aspirasi dan menuntut Pemerintah Daerah untuk membayarkan gaji PTTD dari bulan Januari s/d Juni 2016.

Kok bisa ya ....????

Padahal kan di RDPU tanggal 22/7/2016 jelas disebutkan bahwa gaji GBD, PTTD, dan THL akan dibayarkan. Berikut kutipan hasil RDPU pertanggal 22/7/2016.

Pembayaran gaji/honorarium/bantuan keuangan GBD, PTTD dan Tenaga Honorer lingkup Pemkab Nisel T.A 2016 yang belum terbayar segera dibayarkan/dituntaskan.

bersambung.........



G+

APA KOMENTAR ANDA?
BERITA MENARIK
loading...
BERITA TERBARU
    Loading...