Sri Mulyani : Atasan Yang Jadi Bawahan

Foto : Sri Mulyani - Menteri Keuangan RI | Google.com


Ada yang menarik dalam perombakan kabinet yang dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Presiden menarik Sri Mulyani Indrawati menjadi menteri keuangan untuk menggantikan Bambang PS Brodjonegoro.

Di lingkungan birokrasi, nama Sri Mulyani bukan wajah baru. Dia pernah menjabat sebagai Menteri Keuangan di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Yang membuat unik dari penunjukan kali ini, Sri Mulyani kini menjadi anak buah dari Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution. Sesuai struktur, kementerian koordinator perekonomian membawa sejumlah menteri teknis termasuk kementerian keuangan.

Darmin semasa pemerintah Joko Widodo sendiri tercatat pernah menjadi Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan pada tahun 2006-2008.

Siapa Sri Mulyani?

Dikutip dari berbagai sumber, sebelum diajak "pulang kampung" oleh Jokowi, Sri Mulyani ini merupakan seorang Direktur Pelaksana Bank Dunia pada tahun 2010. Wanita kelahiran Bandar Lampung ini merupakan orang Indonesia pertama yang menjadi petinggi Bank Dunia.

Wanita kelahiran Bandar Lampung ini menorehkan nama harum di kancah internasional. Majalah Forbes baru saja menempatkan namanya dalam daftar Power Women 2016 alias Deretan Perempuan berpengaruh sedunia bersama Kanselir Jerman, Angela Merkel, yang berada di posisi puncak daftar tersebut.

Penobatan ini menjadikan Sri Mulyani masuk daftar Forbes untuk kali kelima berturut-turut di posisi 37. Sri Mulyani dianggap sosok berpengaruh nomor dua di Bank Dunia, menjabat posisi yang sebelumnya selalu diisi lelaki. Ekonom lulusan Universitas Indonesia itu juga dianggap tokoh garis depan dalam pemberantasan kemiskinan global.

G+

APA KOMENTAR ANDA?
BERITA MENARIK
loading...
BERITA TERBARU
    Loading...