Presiden Jokowi: Dulu Waktu Saya SD Saya Selalu Dengar Pelabuhan Sibolga

Foto: Presiden Jokowi Sedang Konfrensi Pers di Pelabuhan Sibolga, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara | Biro Pers Setpres


Menurut Presiden Jokowi, hari ini (20/08/2016) adalah hari yang bersejarah dalam kehidupannya secara khusus, karena dari kecil dari jamannya SD, beliau selalu mendengar nama pelabuhan Sibolga, namun belum pernah kesampain untuk melihat Pelabuhan Sibolga secara langusng.

Hal dikatakan oleh Presiden Joko Widodo dalam peresmian pembangunan perluasan Pelabuhan Sambas Sibolga, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara

"Waktu saya SD masih ingat pelabuhan Sibolga selalu disebut. Sayang salah satu pelabuhan tertua itu tidak pernah dikembangkan. Sekarang mau kita perluas 24000 teus per tahun. Nantinya akan dikembangkan menjadi 60000 teus, 3 kali lipat dari yang sekarang. Pembangunannya harus selesai pada akhir tahun 2017 mendatang. Saya ingin yang cepat, supaya bisa dimanfaatkan masyarakat dan menggerakkan ekonomi. Tanpa infrastruktur yang baik, akan sulit kita bersaing dengan negara lain." kata Presiden Jokowi melalui akun facebooknya.

Kedatangan Presiden Jokowi ke Sibolga dan Tapteng merupakan kado istimewa bagi masyarakat pada HUT ke-71 Kemerdekaan Republik Indonesia. Hal itu juga merupakan bukti nyata dan keseriusan pemerintah pusat terhadap pembangunan Kota Sibolga dan sekitarnya.

"Di Kota Sibolga, direncanakan Beliau akan mengunjungi Pasar Ikan Mina Nauli dan tempat produksi ikan asin di Kelurahan Pasar Belakang," katanya.

”Kami berharap Pelabuhan Sibolga juga akan menjadi pelabuhan distribusi barang ke Pulau Nias dan sekitarnya sehingga dengan keberadaan pelabuhan ini, suplai barang ke Pulau Nias dan sekitarnya semakin lancar dan laju inflasi dapat ditekan. Selain itu juga bisa membawa wisatawan ke daerah kami,” ujar Wali Kota Sibolga Syarfi Hutauruk di Sibolga.

Selama ini, dermaga Pelabuhan Sibolga hanya bisa disandari satu kapal besar. "Diharapkan, dengan pembangunan perluasan berupa perpanjangan dermaga pelabuhan yang dilaksanakan Presiden Jokowi, Pelabuhan Sibolga dapat disinggahi banyak kapal besar," kata Syarfi

Syarfi juga mengharapkan kunjungan Presiden Jokowi ke daerah itu akan membawa angin segar terhadap pertumbuhan ekonomi daerah sejalan dengan pertumbuhan pembangunan infrastruktur lainnya seperti Bandara Pinangsori Tapteng serta pembangunan Jalan Layang Batu Lobang.

“Kami sangat berharap, setelah kunjungan Presiden Jokowi, pembangunan Bandara (Pinangsori), Jalan Layang Batu Lobang, Jalan Nasional dari Sibolga hingga Sumbar, serta dari Sibolga hingga batas Aceh segera terbangun sehingga akses untuk pariwisata juga terus terbuka,” katanya.

G+

APA KOMENTAR ANDA?
BERITA MENARIK
loading...
BERITA TERBARU
    Loading...