Enam Permohonan Masyarakat Kepulauan Nias Kepada Presiden Jokowi

Masyarakat Kepulauan Nias sangat antusias menyambut kedatangan Jokowi. Pasalnya, kunjungan presiden memang sudah ditunggu lama masyarakat Nias. Mengingat suara Jokowi pada Pilpres 2014 yang lalu di Kepulauan Nias mencapai 99%.

Kehadiran Jokowi di Kota Gunungsitoli dengan cara resmi digelar pada upacara penyambutan oleh tokoh adat masyarakat Nias di pendopo Wali Kota Gunungsitoli, Sumut.

Presiden Jokowi yang didampingi Iriana duduk khidmat mengikuti upacara yang diakhiri dengan penyerahan daun sirih, lantas mengenakan baju adat Nias kepada Jokowi dan Iriana.

Hadir bersama dengan Presiden, Menkum HAM Yasonna Laoly yg kebetulan berasal dari Nias, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Mensesneg Pratikno, Gubernur Sumut T Erry Nuradi, Dirut PLN Sofyan Basir dan lainnya.

Foto: Presiden Jokowi Saat Disambut Putri Nias

Bupati Nias Sokhiatuto Laoly mewakili forum komunikasi pimpinan daerah (FORKADA) se-Nias, menyebutkan Kepulauan Nias awalnya hanya satu kabupaten, akan tetapi dimekarkan jadi dua saat 2003, dan jadi 3 saat 2008. Saat ini sudah jadi 4 kabupaten dan satu kota dengan total penduduk sekitar 800 ribu jiwa.

“Kebijakan Bapak Presiden dengan agenda nawa cita yg membangun dari pinggiran dengan memperkuat desa, itu agenda yg patut kita banggakan, dan membawa Asa baru untuk masyarakat Nias supaya keluar dari ketertinggalan. Pemda dan masyarakat menyampaikan permohonan kebutuhan prioritas kepada Bapak Presiden,” ujarnya disambut tepuk tangan warga.

Pertama, perpanjangan landasan Bandar Udara Binaka.

Kedua, penambahan kapasitas energi listrik.

Ketiga, pembangunan jalan lingkar kepulauan Nias Barat-Utara yang masih tersisa 45 kilometer.

Keempat pembangunan Universitas Negeri Nias yang dianggap hal yang penting di kepulauan ini di karenakan rata-rata masyarakat Nias tak Bisa sekolah di luar di karenakan mahal biaya dan akomodasi.

Permintaan kelima, penataan kawasan Nias jadi kawasan strategis ekonomi nasional dan kawasan ekonomi Eksklusif untuk mendorong perkembangan pariwisata yg sangat prospektif.

G+

APA KOMENTAR ANDA?
BERITA MENARIK
loading...
BERITA TERBARU
    Loading...