Buat e-KTP Cukup Bawa KK, Di Nias Selatan Harus Bawa Ijazah dan Pasphoto

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) kembali menegaskan bahwa untuk pengurusan pengajuan dan pembuatan e-KTP cukup membawa Kartu Keluarga (KK) dan tidak perlu mengurus atau membawa syarat yang lain, seperti surat pengantar dari Lurah atau Kepala Desa. Hal ini ditegaskan langsung oleh Dirjen Dupkacil Kemendagri, Zudan Arif (23/08/2016).

"Ini kami tadi sudah menegur kelurahan dan kecamatan yang meminta syarat lain," jelas Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif, Selasa (23/8/2016).

Dia menyampaikan, syarat itu tinggal ditunjukkan ke petugas, utamanya KK untuk proses pembuatan e-KTP. Dia berharap program pemerintah pusat ini didukung semua pegawai di kelurahan dan kecamatan.

Foto: Kantor Dukcapil Kab. Nias Selatan : niassatu.com


Namun kenyataannya sangat berbeda apa yang terjadi di Dukcapil Kabupaten Nias Selatan. Dimana persyaratan untuk pengajuan pembuatan e-KTP dirasa sangat jauh berbeda seperti yang telah disampaikan oleh Kemendagri.

Adapun syarat yang harus dilengkapi dan dibawa untuk pengurusan pengajuan e-KTP di wilayah Dukcapil Kabupaten Nias Selatan adalah:

  • Fotocopy Kartu Keluarga
  • Fotocopy Ijazah (Jika sudah memiliki ijazah)
  • Pasphoto ukuran 3x4 sebanyak 4 lembar
  • Map 2 lembar


Selain persyaratan tersebut diatas, masyarakat yang mengajukan e-KTP juga harus mengisi formulir yang telah disediakan panitia, sehingga proses seleksi berkas dan pengisian berkas membuat antrian sangat banyak setiap harinya di kantor Dukcapil Kab. Nias Selatan.

Foto: Syarat Pengajuan e-KTP oleh Dupcail Kab. Nias Selatan | Facebook

Ada harapan masyarakat Nias Selatan untuk pengurusan pengajuan e-KTP agar tidak memakan waktu yang sangat lama dikarenakan lokasi atau tempat pengurusan e-KTP dari desa masing-masing sangat jauh, ditambah kondisi jalan yang tidak memadai.


G+

APA KOMENTAR ANDA?
BERITA MENARIK
loading...
BERITA TERBARU
    Loading...