Warga Minta Rumah Adat Nias Di Hilinawalo Mazino Dilestarikan

Masyarakat Desa Hilinawalo Mazino, Kabupaten Nias Selatan meminta kepada wakil rakyat di Provinsi Sumatera Utara untuk membangun dan melestarikan satu rumah adat nias yang terletak di desa tersebut karena bangunannya sudah mulai  tak terurus dan tidak diperhatikan.

Hal tersebut disampaikan warga saat Reses Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Utara Daerah Pemilihan Nias, Analisman Zalukhu di Halaman Rumah Adat besar di Desa Hilinawalo Mazino, Kecamatan Mazino, Kabupaten Nias Selatan, Jumat (15/07/2016).



"Kepada Bapak DPRD Sumatera Utara, Analisman Zalukhu, kami masyarakat di Hilinawalo Mazino ini mengusulkan agar rumah adat besar yang kita tempati saat ini direnovasi dan dilestarikan sebab bangunan rumah adat ini sudah termasuk dalam 100 situs bangunan tertua didunia,"ujar Yoniaman Bu'ulòlò salah seorang warga dihadapan anggota Reses.

Ia mengatakan selama ini perhatian pemerintah Provinsi Sumatera Utara kepada Kabupaten Nias Selatan pada umumnya dan Kecamatan Mazino khususnya sangat kurang. Padahal pelestarian rumah adat tersebut sangat diharapkan masyarakat karena sudah menjadi kebanggaan Sumatera Utara.

"Selain itu kami meminta perhatian Provinsi Sumatera Utara agar jalan Provinsi di Kabuapaten Nias Selatan ini bisa dibangun kembali sehingga transportasi masyarakat bisa berjalan dengan lancar,"ucap Yoniaman yang juga aktivis di GMNI tersebut.


Menanggapi hal itu, Analisman Zalukhu berjanji akan melakukan koordinasi baik dengan Pemerintahan Provinsi  Sumatera Utara melalui SKPD terkait maupun kepada pihak Pemerintah Kabupaten Nias Selatan.

"Terimakasih aspirasinya, Saya sebagai Anggota DPRD Sumatera Utara akan berusaha semaksimal mungkin untuk menyampaiakan aspirasi ini di lembaga DPRD Provinsi. Hal yang akan kami sampaiakan adalah hanya yang menjadi wewenang Provinsi selebihnya akan saya koordinasikan kepada pemerintah daerah,"ucap Anggota DPRD dari Partai PDIP tersebut.

Dilansir dari wartanias.com, Kegiatan Reses tersebut disambuat antusias oleh masyarakat setempat. Sebagian warga mengusulkan aspirasi lain yakni pada bidang pendidikan, Kesehatan, Perekonomian dan Infrastruktur jalan. Merek berharap agar Pemprovsu cepat menanggapi aspirasi tersebut.

Kegiatan Reses itu dihadiri oleh Jajaran pemerintahan Kecamatan Mazino, Kepala desa , Kepala Puskesmas, Kepala Sekolah beserta guru-guru, tokoh masyarakat, agama, adat dan budaya serta warga setempat. 


Sumber : wartanias.com


G+

APA KOMENTAR ANDA?
BERITA MENARIK
loading...
BERITA TERBARU
    Loading...