Butuh 20 Tahun Untuk Membuat Aplikasi Pokemon GO

John Hanke adalah seorang dibalik suksesnya pembuatan game Pokemon Go. Game yang memecahkan semua rekor dengan lebih dari 10 juta kali download ini hanya dalam kurun waktu satu minggu, bahkan melebihi rata-rata pengguna aktif harian twitter dan facebook. Dibalik suksesnya pembutan Pokemon Go ini ternyata tidaklah sebentar dan mudah, John membutuhkan waktu 20 tahun untuk membuat dan mengembangkan game fenomenal ini.

John Hanke : Butuh 20 Tahun Untuk Membuat Aplikasi Pokemon GO

Berikut adalah kisah sang Founder dalam perjalanannya menciptakan Game Fenomenal Pokemon Go:

Tahun 1996 ketika masih menjadi mahasiswa, John menciptakan MMO (massively multiplayer online game) yaitu “Meridian 59”, dia menjual game tersebut kepada 3DO dan kemudian dia mencoba hal yang lebih besar, yaitu pemetaan dunia.

Tahun 2000, John meluncurkan ‘Keyhole’ untuk menghubungkan pemetaan online dengan teknik fotografi udara serta 3D GPS pertama di dunia.

Tahun 2004, Google membeli ‘Keyhole’ dan sekarang kita mengenalnya dengan ‘Google Earth’, sejak saat itu John fokus pada game berbasis GPS.

John bersama timnya menciptakan ‘Google Maps’ dan ‘Google Street View’ pada tahun 2004 – 2010, pada masa tersebut John mengumpulkan timnya dan sekarang menjadi rekannya dalam menciptakan Pokemon Go.

Tahun 2010, John meluncurkan ‘Niantic Labs’, sebagai Start Up yang didanai oleh Google, untuk menciptakan game yang berbasis pada pemetaan /GPS. Niantic adalah nama sebuah kapal penengkap ikan paus.

Tahun 2012, John menciptakan ‘Niantic MMO’ berbasis Geo GPS pertama kali. John terinspirasi dari perjalanannya sehari-hari ketika keluar rumah dan menuju kantornya dengan menggunakan maps. Dia membayangkan mengintegrasikan data Geo dan gadget yang dia miliki, dan membuatnya lebih keren dengan membuat game petualangan berbasis data Geo yang bisa diaplikasikan di dunia nyata.
Tahun 2014, Google dan Pokemon Company bekerja sama membuat perayaan april mop, yang memungkinkan pengguna ‘Google Maps’ menemukan pokemon pada aplikasi ‘Google maps’, dan hal tersebut menjadi viral. Dari situ, John berfikir ini bisa menjadi sebuah game.

Selanjutnya, John memutuskan untuk membangun Pokemon Go. Tempat-tempat yang paling populer dan sering dikunjungi pengguna pada dunia nyata, menjadi sebuah “pokestops” dan “gym” di permainan Pokemon Go. “Pokestops di submit oleh pengguna, jadi jelas, semua berdasarkan tempat-tempat di mana banyak orang sering mengunjunginya. Kami melakukan survey selama 2,5 tahun, orang pergi ke semua tempat di mana mereka pikir mereka harus bisa bermain, sehingga beberapa tempat yang cukup terpencil,” ujar John.

Mulai dari Desember 2015 sampai Februari 2016, John membentuk 40 tim lebih untuk mulai membangun Pokemon Go. Jhon juga mendapat bantuan dana 25 juta dolar dari Google, Nintendo, Perusahaan Pokemon dan investor lainnya.

John dan timnya meluncurkan Pokemon Go pada 6 juli 2016 di Amerika Serikat, Australia dan Selandia Baru. Sejak diluncurkan, harga saham Nintendo telah meningkat 7,5 milyar dolar dan dalam pembelian aplikasi yang sudah menghasilkan lebih dari 2 juta dolar per hari.



Sepanjang 20 tahun ini, ia memiliki visi yang besar dari semua permainan di seluruh dunia.

Di setiap langkah, dia hanya fokus untuk menempati posisi paling atas. Pada setiap posisi yang baru, ia memilki kekuatan baru, anggota tim baru dan item baru dalam persediaannya.
Apakah kamu seperti John Hanke, yang dalam perjalananya akan sesukses Pokemon Go, MMO dan Google Maps?


Sumber : inspirasi.co

G+

APA KOMENTAR ANDA?
BERITA MENARIK
loading...
BERITA TERBARU
    Loading...