Tito Karnavian Jadi Calon Kapolri Tunggal Mendapat Tanggapan Positif Dari Berbagai Kalangan

Komjen. (Pol) Tito Karnavian
Komjen Tito Karnavian yang kini menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dipilih Jokowi menjadi calon tunggal Kapolri. Nama Tito juga sudah diajukan ke DPR. Surat Presiden terkait calon Kapolri yang baru sudah di meja pimpinan DPR. Dan rencananya besok akan dibawa ke Bamus dan segera dibacakan di sidang paripurna (15 Juni 2016).

Penunjukkan Tito Karnavian Calon Kapolri tunggal oleh Presiden RI, Jokowi, mendapat tanggapan positif dari beberapa pihak. Walaupun Tito Karnavian, angkatan AKPOL 87 dan melompati beberapa seniornya, bukan berarti beliua tidak mendapat dukungan. Beberapa tokoh memberi dukungan penuh kepada Presiden Jokowi yang berani mengambil keputusan untuk mencal onkan Tito Karnavian jadi Calon Kapolri.

Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), mengatakan bahwa Jenderal Tito ini cakap dan mampu untuk mengemban tugas sebagai kapolri. Potensinya baik, lantas prestasinya baik, rekam jejaknya pun baik. Bahkan dalam periode tertentu saya nilai luar biasa. Hal ini dikatakan SBY melalui video yang diunggah di akun resmi SBY di YouTube (16 Juni 2016).

SBY menilai pilihan Presiden Jokowi terhadap Tito untuk menjadi Kapolri sudah tepat. SBY lalu mengomentari soal posisi Tito yang masih lebih junior dibanding jenderal bintang 3 lainnya di Polri. 

Menurut SBY memang tidak akan menimbulkan gejolak sebagaimana juga disampaikan Kapolri Jenderal Badrodin Haiti dan Panglima TNI Gatot Nurmantyo. SBY bercerita, dulu dia juga pernah memimpin korps yang seniornya menjadi bawahannya.

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie mendukung usulan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajukan Kepala BNPT Komjen Pol Tito Karnavian sebagai calon tunggal Kapolri ke DPR.  Menurut Grace, Komjen Tito adalah pilihan terbaik pada saat ini. "Komjen Tito sosok yang mumpuni, memiliki kapasitas, berprestasi, muda, dan tangguh. Sangat layak menjadi Kapolri. Beliau juga merupakan sosok pemimpin muda yang baik di negeri ini," ujarnya.

"Karena prestasi dan integritas Komjen Tito, beliau mampu menyalip jenderal bintang tiga lain. Padahal usianya baru 51 tahun, beberapa tahun lebih muda dibandingkan jenderal bintang tiga lainnya dalam bursa calon Kapolri," imbuh Grace.

PSI menilai sepak terjang Tito luar biasa. Tito berhasil menangkap teroris Azahari Husin, menangkap puluhan DPO konflik Poso, pernah menjadi Kapolda Metro Jaya, dan sekarang Kepala BNPT. Tito juga merupakan lulusan terbaik di Akpol dan banyak memperoleh penghargaan baik dari dalam maupun luar negeri.

Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto mendukung penuh keputusan Presiden Joko Widodo soal pengajuan Komjen Tito Karnavian sebagai calon tunggal Kapolri. Novanto menyebut Tito anggota Polri yang berprestasi.

Novanto menjelaskan Komjen Tito merupakan sosok perwira dengan rentetan prestasi gemilang. Novanto juga menilai Komjen Tito sebagai sosok yang punya kapasitas untuk memimpin Polri meski ta termasuk angkatan yang terhitung muda

"Kita lihat pada track recordnya yang saya lihat dari koran-koran merupakan sosok yang menorehkan sesuatu yang baik. Harapan besar bagi institusi Polri mudah-mudahan bisa kerja sama dengan pihak pihak di kepolisian," tutur dia.


G+

APA KOMENTAR ANDA?
BERITA MENARIK
loading...
BERITA TERBARU
    Loading...