Kota Padang Banjir, Ribuan Rumah Terendam


Hujan deras yang melanda kota Padang tadi malam (16 Juni 2016), menyebabkan kota Padang kebanjiran. Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, banjir menyebabkan ribuan warga dievakuasi dan satu orang meninggal dunia yaitu seorang pria (63 tahun) warga Komplek Arai Pinang Jl. Mustika XII Kota Padang yang terpeleset saat mengungsi.

Banjir juga disertai longsor di beberapa tempat. Beberapa sungai meluap sehingga ribuan rumah terendam banjir dengan ketinggian antara 50-140 centimeter.

Sutopo menyebut ada 7 kecamatan di Kota Padang yang terendam banjir. Yaitu Kecamatan Koto Tangah, Lubuk Begalung, Nanggalo, Padang Selatan, Padang Barat, Teluk Kabung, dan Padang Timur yang meliputi 14 kelurahan. 

Sementara ribuan rumah yang terendam banjir dengan tinggi 50-140 cm, berada di Kelurahan Lubuk Buaya, Tunggul Hitam, Pangambiran, Ampalu (Arai Pinang), Banda Gadang, Maransi, Parang Jambu, Jondul, Seberang Padang, Pampang, Seberang Palinggam, Lolong, Bungus dan Marapalan. Banjir juga merendam daerah Kasai arah ke Padang Pariaman.

Upaya darurat masih dilakukan oleh tim penanganan banjir. Tim gabungan dari BPBD, Basarnas, Dinsos, Brimob, Lantamal, Tim reaksi cepat PT Semen Padang dan relawan lain mengerahkan perahu karet untuk evakuasi warga. 

"Hingga sahur hujan masih berlangsung dan masih terjadi banjir di beberapa tempat," ucap Sutopo.


G+

APA KOMENTAR ANDA?
BERITA MENARIK
loading...
BERITA TERBARU
    Loading...