Hilarius Duha : Tunda Pembangunan Istana Rakyat Nias Selatan

Proyek pembangunan Gedung Istana Rakyat Nias Selatan memakan biaya sebesar Rp 46.000.000.000 yang bersumber dari APBD Nias Selatan. Istana Rakyat Nias Selatan merupakan salah satu proyek yang termegah dan termahal di bumi Nias Selatan. Pembangunan Istana Rakyat ini dicetuskan oleh Idealisman Dachi saat masih menjabat sebagai Bupati Nias Selatan. Penganggaran untuk pembangunan Istana Rakyat Nias Selatan ini menelan biaya yang tidak sedikit bahkan melebihi dari APBD Nias Selatan dalam satu tahun. Sejak perpindahan kepemimpinan antara Idealisman Dachi ke Hilarius Duha, pembangunan Istana Rakyat dihentikan.

Maket Istana Rakyat Nias Selatan

“Untuk sementara pembangunan Istana Rakyat ditunda. Kalau diberikan anggaran Rp 200 miliar pun belum tentu cukup. Sebab, nanti masih ada biaya meubelernya, perawatan dan operasionalnya. Padahal itu fungsinya hanya untuk kantor yang sebenarnya juga bisa menggunakan kantor yang ada saat ini. Dan lagi, proyek itu tidak memberikan efek langsung pada perekonomian masyarakat, selain fungsi kantor,” jelas dia.

Karena itu, kata dia, lebih baik anggaran untuk pembangunan Istana Rakyat itu dialihkan ke kecamatan-kecamatan untuk pembangunan dan hal-hal produktif lainnya bagi masyarakat. Bahkan, kalau perlu, kata dia, dana itu dibagi sampai ke desa-desa.

Penyebabnya adalah kondisi keuangan daerah Nias Selatan yang saat ini ‘tidak sehat’. Diduga salah satu penyebabnya adalah pengelolaan keuangan daerah yang selama ini dinilai tidak tepat sasaran, dan juga besarnya defisit anggaran 2015 yang mencapai lebih dari Rp 300 miliar.
“Kalau kami hanya fokus bagaimana membereskan defisit ini, bisa-bisa selama tiga tahun tidak ada pembangunan yang bisa dikerjakan. Kalau pun semua proyek itu kami jual, mungkin harganya tidak bisa menutupi semua defisit itu. Jadi, kami harus kerja keras menyiasatinya agar pembangunan tetap berjalan,” ujar Bupati Hilarius Duha.
Bupati Hilarius mengatakan, salah satu cara menyiasati penggunaan anggaran adalah dengan menunda pembangunan sejumlah proyek mercu suar yang sempat dimulai oleh kepala daerah sebelumnya, di antaranya proyek Istana Rakyat.

G+

APA KOMENTAR ANDA?
BERITA MENARIK
loading...
BERITA TERBARU
    Loading...