Benarkah Jokowi Titisan Sang Putra Fajar, SOEKARNO ?

 Apa yang menarik dari 21 Juni? Tahun 1970 Brazil menjuarai gelar piala dunia untuk ketiga kalinya, Ada juga 21 Juni 2006, dimana Satelit baru Pluto ditemukan secara resmi dan dinamai Nix dan Hydra.

Indonesia tanggal 21 Juni memiliki relasi kuat pada dua sosok tokoh  populer namun beda zaman. Tanggal 21 Juni 1970 adalah tanggal yang menyedihkan bagi bangsa Indonesia. Karena pada tanggal itu, seorang putra terbaik bangsa telah memejamkan mata untuk selamanya.

Dia adalah Soekarno Putra Sang Fajar si Penyambung Lidah Rakyat. Bukan hanya Indonesia yang kagum dengan sepak terjangnya melainkan juga dunia.

Pidatonya yang berjudul "Indonesia Menggugat" telah membuka mata dunia, tentang siapa dirinya. Pidatonya yang keras dan berapi-api menjadi ciri khasnya yang sulit untuk disamakan.

Pada tanggal yang sama di desa Srambatan, Surakarta tahun 1961. Lahir pula seorang anak laki-laki dari pasangan suami istri Noto Mihardjo dan Sujiatmi Notomiharjo. Bayi mungil itu diberi nama Joko Widodo. Tak ada yang menyangka, orang deso itu, yang sering disapa Jokowi kini menjadi orang No.1 di Indonesia.

Apakah ada hubungan antara Soekarno dengan Joko Widodo? dikaitkan dengan fenomena keilmuan Astrologi, secara kebetulan mempunyai Zodiak yang sama, Gemini. Soekarno lahir pada tanggal 6 Juni sedangkan Jokowi 21 Juni. Bukan itu saja, shio mereka juga sama. Soekarno lahir tahun 1901 dan Jokowi 1961 keduanya bershio Kerbau Gemini adalah simbol kecerdasan, memiliki banyak akal. Komunikasi dan bahasa sangat penting bagi mereka. 


Mereka memiliki kemampuan berkembang dan belajar yang tinggi. Umumnya para Gemini tidak stabil, reaksi terhadap situasi ditentukan oleh mood mereka. Bagi Gemini, keragaman adalah penyedap kehidupan. Mereka menikmati hasil yang mereka capai lewat kerja keras mereka sendiri. Gemini tidak menyukai rutinitas. 

Pengetahuan, pikiran yang cepat dan kepandaian jelas terlihat pada zodiak ini. Mereka mudah berubah-ubah. Simbol ini memiliki pesona alami  dan energi karisma yang menarik semua zodiak. Mereka memiliki banyak ide yang dapat membuat kita tertarik, namun mereka cenderung cepat bosan jika mereka berada di sekitar orang yang tidak dapat mengikuti jalan pikiran mereka, dana cepat berpindah ke suatu tempat dimana orang di sekitarnya dapat mengikuti jalan pikiran mereka. Mereka biasa menikmati hidup mereka dan jarang melihat kembali kebelakang.

Gemini dikenal dengan spontanitasnya dan kemampuan mereka berbicara mengenai segala hal. Mereka energik dan murah hati. Sikap plin plan mereka terkadang menyulitkan. Kamu tidak akan pernah tahu apa yang mereka pikirkan dan apa yang akan mereka lakukan. Cobalah bertanya pertanyaan yang sama pada hari berikutnya, maka kamu akan mendapatkan jawaban yang berbeda setiap harinya. Terkadang hal ini dapat membuatmu putus asa, namun dapat juga mempesonamu. 

Shio kerbau adalah salah satu dari ke-12 shio yang ada dalam penanggalan Tionghoa. Orang yang bershio kerbau cenderung keras kepala, pekerja keras, jujur, dan agak pemarah. Kebanyakan orang bershio Kerbau selalu mengutamakan kesempurnaan dalam bekerja, dan mengharapkan orang lain juga berbuat hal yang sama. Hal ini yang menyebabkan orang lain sering berselisih paham dan tidak suka dengannya.

Orang Gemini yang bershio Kerbau mempunyai karakter mulia hatinya dan suka menolong. 

Soekarno dan Jokowi memiliki kesaman yang begitu erat bila dilihat dari setiap tindakan mereka. Soekarno begitu merakyat, begitu juga Jokowi. Yang membedakan hanya cara berpidatonya, Soekarno berapi-api, Jokowi lemah lembut. Tetapi, bila kita berbicara ketegasan, keduanya mempunyai ketegasan yang sama. Tegas pada hal yang benar dan berpihak pada rakyat.

Bisa jadi, Jokowi adalah titisan Soekarno yang sesuai dengan jaman kekinianya. Tak perlu banyak bicara yang penting adalah tindakan.

Dua tokoh ini memiliki sejumlah kemiripan. Selain tanggal 21 Juni, basis ideologi mereka berdua juga sama. Ideologi Soekarno menjadi salah satu acuan untuk Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, tempat yang mengajarkan Jokowi berpolitik.

Gaya kepemimpinan Jokowi pun mirip dengan Soekarno. Jokowi yang sering blusukan kerap diklaim mirip gaya kerja Soekarno yang merakyat dengan wong cilik. Turun ke lapangan untuk mendengarkan keluhan rakyat secara langsung.

Politisi PDI Perjuangan, Eva Kusuma Sundari melihat ada kemiripan gaya kepemimpinan kedua tokoh tadi. Jokowi, kata Eva sukses menerapkan gaya kepemimpinan Soekarno di masa reformasi ini. 

“Jokowi itu bukan saja paham soal Soekarno tapi juga menjalani cara soekarno. Berpikir dan bertindak seperti Soekarno. Dari tindakan-tindakan yang menyatu dengn rakyat adalah Soekarno banget," kata Eva bercerita.

Selain itu, Bung Karno, sapaan Soekarno, juga sangat menjaga martabat rakyatnya. Di mata Eva, salah satu buktinya adalah penolakan yang dilakukan Bung Karno dalam bantuan pinjaman dari World Bank di masa ekonomi Indonesia mengalami kesulitan pada masa itu.

"Bung Karno itu mencintai rakyat begitu meluap sekaligus menjaga martabat (nolak bantuan World Bank karena njlimet, bikin kita kayak jongos). Bung Karno menikmati di tengah-tengah rakyat," cerita Eva.


Sumber : indoheadlinenews.com


G+

APA KOMENTAR ANDA?
BERITA MENARIK
loading...
BERITA TERBARU
    Loading...